trubus.id
Tingkatkan Produktivitas, Petani di Aceh Berlatih Membuat Pupuk Organik

Tingkatkan Produktivitas, Petani di Aceh Berlatih Membuat Pupuk Organik

Ihsan Maulana - Sabtu, 04 Agu 2018 10:00 WIB

Trubus.id -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Provinsi Aceh, baru-baru ini memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada petani di wilayah setempat. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Yufrizal, menyebutkan, pihaknya  memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik, kepada kelompok petani yang berlokasi di Desa Meuria Paloh.

Baca Lainnya: Museum Tsunami Wujudkan Aceh Hijau dengan Tanam Ribuan Pohon

"Kita telah memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada kelompok tani dibawah binaan KPw BI Lhokseumawe," imbuhnya.

Ia menambahkan, tujuan pelatihan pembuatan pupuk organik bagi petani, untuk memberikan pemahaman kepada seluruh anggota kelompok tani, akan pentingnya pupuk organik (padat dan cair).

Langkah ini juga untuk memutus mata rantai penggunaan pupuk kimia pada tanaman, serta menjadi peluang bisnis baru di bidang pertanian.

Baca Lainnya: 13 Negara Berkumpul di Aceh Bahas Manajemen Bencana

Para peserta pelatihan tersebut, merupakan kelompok tani binaan KPw BI Lhokseumawe, yang berasal dari Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Tengah, Bireuen dan dari Kabupaten Bener Meriah, sejumlah 68 orang.

"Kondisi mayoritas kelompok tani sekarang sedang melakukan pengolahan lahan, makanya kita memberikan bantuan teknis (bantek) berupa pelatihan pembuatan pupuk oganik, dan probiotik kepada seluruh kelompok tani binaan KPw BI Lhokseumawe," tandasnya.[KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020