trubus.id
Life » Parah, 95 Persen Populasi Lemur Diambang Kepunahan
Parah, 95 Persen Populasi Lemur Diambang Kepunahan

Parah, 95 Persen Populasi Lemur Diambang Kepunahan

Diah Fauziah - Kamis, 02 Agu 2018 22:00 WIB

Trubus.id -- Sembilan puluh lima persen populasi lemur di dunia berada diambang kepunahan, menjadikan mereka primata paling terancam di Bumi, menurut kelompok konservasi dunia pada Rabu (1/8).

Primata arboreal dengan moncong runcing dan ekor panjang ini hanya bisa ditemukan di Madagaskar. Perusakan hutan hujan, pertanian yang tidak diatur, penebangan dan penambangan liar telah merusak lemur, kata Persatuan Internasional untuk Pelestarian Alam atau International Union for the Conservation of Nature (IUCN).

"Tanpa diragukan lagi, persentase terbesar dari ancaman untuk kelompok besar mamalia dan untuk kelompok besar vertebrata," kata Russ Mittermeier dari komisi kelangsungan hidup spesies IUCN dalam sebuah pernyataan.

Dari total 111 spesies lemur dan subspesies, 105 di antaranya berada di bawah ancaman, menurut rilis terbaru yang dikeluarkan IUCN terkait populasi lemur sejak 2012.

Baca Lainnya : Unik, Lemur Mengeluarkan Aroma Khas Saat Menggoda Pasangan

"Di antara tren yang paling memprihatinkan adalah, peningkatan tingkat perburuan lemur dalam skala besar dilakukan masyarakat di Madagaskar," ucap Christoph Schwitzer, direktur konservasi di Bristol Zoological Society.

Christoph mengatakan jika perburuan itu sebagai hal mengerikan yang tidak pernah dilihat sebelumnya di Madagaskar. Salah satu spesies yang diidentifikasi sangat terancam punah lemur sportif utara. Primata dengan nama ilmiah Lepilemur septentrionalis ini diperkirakan hanya tersisa 50 ekor saja.

"Seperti halnya panda raksasa di China, lemur adalah hewan asli Madagaskar yang butuh waktu lama untuk berkembang biak. Tidak heran jika lemur menarik perhatian wisatawan dan pencinta alam," tutur Jonah Ratsimbazafy dari GERP, kelompok penelitian primata domestik.

Untuk membantu melestarikan lemur yang terancam punah, IUCN mengatakan jika mereka akan meluncurkan rencana aksi utama terkait konservasi lemur. [DF]

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020