trubus.id
6 Kota di Asia yang Punya Trotoar Ramah Pejalan Kaki

6 Kota di Asia yang Punya Trotoar Ramah Pejalan Kaki

Ayu Setyowati - Kamis, 02 Agu 2018 21:00 WIB

Trubus.id -- Di Eropa, pemandangan jalur khusus pejalan kaki yang bersih dan steril dari pedagang kaki lima atau motor, sudah biasa. Namun, Trubus Mania tak perlu berlibur ke Eropa atau Amerika, karena sebenarnya sudah banyak kota di benua Asia yang memiliki jalur ramah pejalan kaki.

Dikutip dari Travel Wire Asia, berikut enam kota di Asia yang punya trotoar nyaman dilalui.

1. Shanghai, China

Populasi padat membuat pemerintah China mencari jalan keluar terbaik agar kawasannya layak dihuni. Shanghai termasuk kota dengan banyak trotoar yang rindang, salah satunya di area French Concession.

2. Seoul, Korea Selatan

Budaya Hallyu membuat banyak turis datang ke Korea Selatan, terutama ke Seoul. Bisa dibilang, Seoul termasuk kota yang unik karena bangunan bersejarah bersanding dengan gedung-gedung pencakar langit. Di tengah kondisi tersebut, pemerintahnya tak lupa membuat trotoar nyaman, salah satunya di area Cheonggyecheon yang dibelah sungai.

3. Tokyo, Jepang

Dua kata yang mungkin bisa menggambarkan Jepang adalah modern dan spektakuler. Selain menggunakan transportasi umum, masyarakat Jepang gemar jalan kaki. TIdak heran jika trotoar di sana dibuat lebar, lengkap dengan marka jalan untuk membuat pejalan kaki mawas diri.

4. Taipei, Taiwan

Saat ini, Taiwan mulai dilirik banyak turis, khususnya wisatawan muslim karena menawarkan banyak wisata halal. Tidak heran jika Taiwan mulai membenahi transportasi umum dan trotoarnya agar turis yang datang bisa berkeliling dengan nyaman.

Saat Trubus Mania berkunjung ke Taipei, jangan lupa membawa kamera ya! Selalu ada pemandangan khas seperti gedung dengan lampu neon berwarna-warni yang menarik untuk difoto.

5. Singapura

Negara bisnis yang paling aman, predikat Singapura. Ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa digunakan traveler, mulai dari kereta sampai berjalan kaki. Tapi ingat, jangan berisik dan tidak jalan bergerombol supaya tak dianggap turis menyebalkan oleh penduduk lokalnya.

6. Hoi An, Vietnam

Bagi backpacker, Hoi An di Vietnam menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi karena ada banyak tempat wisata yang mudah ditempuh dengan berjalan kaki. Cobalah berjalan kaki saat malam hari untuk merasakan keseruan ala penduduk Vietnam. You know, act like a local.

Lantas, bagaimana dengan kota-kota di Indonesia? Apakah sudah ramah pejalan kaki atau belum? [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020