trubus.id
Tubuh Butuh Protein yang Tidak Sedikit Usai Olahraga

Tubuh Butuh Protein yang Tidak Sedikit Usai Olahraga

Ayu Setyowati - Kamis, 02 Agu 2018 15:30 WIB

Trubus.id -- Tubuh memerlukan asupan protein, baik ketika sedang tidak aktif atau saat berolahraga. Namun, tahukah Trubus Mania berapa banyak protein yang dibutuhkan tubuh usai olahraga?

Menurut pedoman Intake Reference Diet, perempuan membutuhkan sekitar 46 gram protein saat tidak berolahraga, sementara pria membutuhkan 56 gram. Namun, ketika melakukan olahraga rutin, American College of Sports Medicine mengatakan jika tubuh membutuhkan lebih dari 20 gram protein.

“Antara 20 dan 35 akan cukup, walaupun sebernya ada perdebatan apakah tubuh dapat menyerap lebih dari itu,” kata Emmie Satrazemis, ahli gizi terdaftar, ahli gizi olahraga bersertifikat, dan direktur nutrisi untuk Trifecta Nutrition, dikutip dari Well+Good.

Menurutnya, seseorang perlu mengonsumsi protein usai melakukan olahraga.

Baca Lainnya : Jangan Malas, Ini 5 Cara Cepat Bangun Kebiasaan Olahraga Teratur

“Protein pascaolahraga harus dikonsumsi dalam waktu 45 menit untuk mendapatkan hasil terbaik. Semakin lama menunggu, akan tidak efektif,” kata Emmie.

Namun, ini berlaku jika seseorang melakukan olahraga secara intens. Jika tidak, sebaiknya menunggu beberapa jam sebelum makan.

Protein terbaik untuk dikonsumsi usai olahraga

Ada banyak pilihan makanan yang bisa memberikan lebih dari 20 gram protein. Jika ingin diserap tubuh secepatnya, saran Emmie ialah smoothie atau minuman karena bisa dicerna oleh aliran darah lebih cepat daripada makanan, di mana tubuh harus bekerja ekstra untuk menghancurkan protein.

Untuk makanan, Trubus Mania bisa memilih greek yoghurt (mengandung 20 gram protein), puding chia ( memiliki 15 hingga 20 gram protein), dan ayam (setengah porsi ayam mengandung 25 gram protein). Hanya saja, para ahli mengatakan jika pemulihan pasca olahraga harus mencakup lebih dari sekadar protein.

Puding chia memiliki 15 hingga 20 gram protein. Foto: dailt burn.

Ini alasannya kenapa tubuh butuh karbohidrat setelah berolahraga

Usai melakukan olahraga, tubuh membutuhkan karbohidrat lebih dari protein untuk pemulihan. Itu karena, karbohidrat disimpan di otot yang kemudian dipakai untuk energi.

"Ketika seseorang melakukan olahraga, karbohidrat menjadi sumber energi yang habis lebih dulu," ucap Emmie.

Oleh karena itu, seseorang membutuhkan karbohidrat untuk memperbaiki otot dan mengisi kembali energi tubuh.

"Tanpa itu, Anda akan menjadi lebih sakit," jelasnya.

Tidak heran jika makanan ringan yang biasa dikonsumsi Emmie untuk pemulihan usai olahraga ialah kombinasi karbohidrat dan protein seperti susu cokelat atau roti panggang dengan selai kacang.

Roti panggang dengan selai kacang, pilihan makanan yang bisa dikonsumsi Trubus Mania usai olahraga. Foto: Dohiy.

"Jika melakukan olahraga sebelum makan malam, kalian bisa memilih ubi, ayam, dan sayuran," jelasnya.

Apabila minuman protein favorit Trubus Mania tidak mengandung karbohidrat, Emmie menyarankan untuk mengombinasikan dengan sepotong roti atau pisang agar pemulihan tubuh menjadi lebih baik. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

03 April 2020
03 April 2020
03 April 2020

Berita Lainnya