trubus.id
Bupati Pandeglang Turun ke Pantai Bersihkan Tumpukan  Sampah

Bupati Pandeglang Turun ke Pantai Bersihkan Tumpukan Sampah

Astri Sofyanti - Kamis, 02 Agu 2018 15:00 WIB

Trubus.id -- Pantai Labuan yang berada di Pandeglang, Banten, Jawa Barat dipenuhi tumpukan sampah. Pemandangan tak elok ini menutupi pantai bahkan hingga memenuhi rumah warga yang tinggal di bibir pantai.

Akibat kondisi ini Bupati Pandeglang, Irna Narulita menurunkan alat berat untuk mengangkut puluhan ton sampah di sepanjang Pantai Labuan. Selain itu Bupati Pandeglang juga memberikan ultimatum kepada warga sekitar yang masih membuang sampah ke pantai.

“Besok-besok ada warga yang masih buang smpah ke sini langsung kita ultimatum,” ucapnya di Pandeglang, Banten, Kamis (2/8).

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, ia ikut turun langsung untuk membersihkan puluhan ton sampah yang mengotori pantai di sepanjang Labuan khususnya di desa Teluk.

Dikatakan Irna, pembersihan sampah di sepanjang pantai ini memakan waktu hingga seminggu ke depan. Setelah itu, Pemda setempat akan melakukan sosialisasi kepada warga terkait adanya Perda tentang denda pembuangan sampah sembarangan.

Di Perda ini, menurutnya warga yang buang sampah akan didenda paling sedikit Rp250.000. Bagi yang membuang sampah dalam jumlah besar akan diberi denda Rp1 juta.

"Besok buang sampah sembarangan lagi, selain denda juga bisa dapat hukuman kurungan sampai 3 bulan," tegasnya.

Selain itu, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lustrianto Amstono menambahkan, di sepanjang pantai Labuan akan diberikan papan peringatan larangan buang sampah sembarangan.

"Ini nanti kita kasih juga plang larangan buat warga agar tidak buang sampah di sepanjang pantai," ungkapnya dengan tegas.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020