trubus.id
Masih Jomblo, Nikmati Racikan Khas Rujak Simpang Jodoh 

Masih Jomblo, Nikmati Racikan Khas Rujak Simpang Jodoh 

Karmin Winarta - Kamis, 02 Agu 2018 13:30 WIB

Trubus.id -- Masih Jomblo, Nikmati Racikan Khas Rujak Simpang Jodoh  Rujak menjadi salah satu panganan yang cukup banyak peminatnya. Hampir semua orang suka dengan rujak, karena berisi bermacam-macam buah-buahan segar dan tentunya baik untuk tubuh.

Di Sumatera Utara (Sumut), tepatnya di kawasan persimpangan tempat bertemunya Jalan Besar Tembung dengan Jalan Pasar 7, Medan Tembung, ada lokasi penjualan rujak yang cukup melegenda dan terkenal, yaitu Rujak Simpang Jodoh.

Di sana bisa didapati lebih dari 50-an pedagang yang menyuguhkan buah-buahan segar, yang kemudian akan dibuat menjadi rujak.

Salah satu pedagang rujak yang berjualan di Simpang Jodoh adalah Ika. Sejak pukul 09.00 WIB hingga 01.00 WIB, ia menjual rujak di kawasan tersebut.

“Rujak Simpang Jodoh ini sudah ada sejak lama, saya sendiri bersama keluarga sudah berjualan sejak tahun 1950,” katanya, Kamis (2/8).

Ika menuturkan, yang membuat Rujak Simpang Jodoh melegenda adalah proses pembuatan dan bumbu yang digunakan untuk meracik rujak tersebut.

“Jadi di Rujak Simpang Jodoh ini, semua prosesnya dilakukan langsung ketika ada pembeli. Buah-buahan akan dipotong-potong dan dicampur bumbu langsung di depan pembeli sehingga segar,” tuturnya.

Ia menjelaskan, proses penggilingan bumbu juga dilakukan saat ada pembeli dan digiling menggunakan penggilingan tradisional tidak menggunakan alat modern.

“Nah, yang lebih istimewa adalah bumbu rujaknya, selain menggunakan cabai dan beberapa bumbu lainnya, juga menggunakan pisang batu muda yang diuleg, dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya tersebut,” jelasnya.

Ika menerangkan, pembeli juga bisa memilih buah apa saja yang diinginkan dan juga bisa memilih tingkat kepedasan bumbu rujaknya sesuai dengan selera.

“Kalau ada yang suka dengan pedas maka bisa memesan agar bumbu dibuat pedas, begitu juga sebaliknya, jika tidak suka pedas bisa memilih untuk tidak dibuat pedas,” terangnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba, satu porsi rujak di Rujak Simpang Jodoh bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 13-ribuan.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020