trubus.id
Unik, Hotel Instagenik ini Bekas Pos Jaga Jembatan di Amsterdam

Unik, Hotel Instagenik ini Bekas Pos Jaga Jembatan di Amsterdam

Ayu Setyowati - Kamis, 02 Agu 2018 08:00 WIB

Trubus.id -- Amsterdam dikenal sebagai kota dengan banyak kanal. Biasanya, di sisi kanal ada bangunan semacam pos jaga. Nah, pos inilah yang diubah jadi hotel kekinian. Unik!

Lebih dari 100 tahun, arsitektur jembatan dan kanal di Amsterdam, Belanda, menarik perhatian banyak orang, terutama wisatawan. Wajar, karena memang, kanal dan jembatan sudah menjadi bagian dari sejarah panjang Amsterdam sebagai sebuah kota.

Di salah satu sisi jembatan, biasanya ada semacam pos jaga yang digunakan untuk mengawasi kapal-kapal yang lewat. Tapi, itu dulu. Kini, Amsterdam sudah membangun sistem pengawasan jembatan yang tersentralisasi.

Kanal dan jembatan menjadi bagian sejarah panjang Amsterdam sebagai sebuah kota. Foto: sweets hotel amsterdam.

Meski sudah tak lagi digunakan, bangunan pos jaga ini masuk dalam bagian sejarah kanal di Amsterdam. Dari sekian banyak pos bersejarah itu, ada 11 pos yang kini sudah disulap menjadi hotel dengan desain kekinian.

Ide keren ini diinisiasi oleh Sweets Hotel sejak 2012. Proyek mengubah pos jaga di jembatan menjadi hotel ini juga sebagai bagian untuk merapikan bangunan di perkotaan Amsterdam.

Para wisatawan pun bisa ikut merasakan tinggal di kanal bersejarah Amsterdam. Tak banyak hotel yang menawarkan tinggal persis di tepian kanal, bahkan di sisi jembatan yang jadi lalu lalang warga lokal.

Lokasi kamar hotel ini pun terbilang unik. Ada yang menempati bangunan pos jaga kanal yang dibangun pada tahun 1673. Berlokasi di Amstelschutsluis, kamar ini usianya sudah tembus 300 tahun lebih.

Baca Lainnya : Dulunya Penjara, Inilah 3 Hotel Mewah yang Bikin Terkesima 

Dari luar, eksterior pos jaga ini dipertahankan persis seperti aslinya, sehingga dari segi historisnya tak berkurang. Tapi, begitu Trubus Mania melangkahkan kaki masuk ke dalam, suasana nyaman dan kekinian akan langsung terasa.

Ruangan yang biasanya difungsikan sebagai pos jaga diubah jadi kamar lengkap dengan semua furniturnya, termasuk WiFi dan kamar mandi. Rasanya seperti menginap di rumah sendiri tapi dengan interior yang instagenik!

Tidak ada resepsionis untuk hotel-hotel ini. Operasional hotel dijalankan lewat aplikasi. Kamu akan menerima instruksi lebih lanjut setelah resmi memesan kamar hotel tersebut.

Suasana hotel yang dimodifikasi dari pos jaga kanal di Amsterdam, Belanda. Foto: the telegraph.

Karena lokasinya yang berada di sisi jembatan dan cukup bersejarah, tidak sembarang traveler bisa menginap di sini. Tamu harus berusia lebih dari 21 tahun, serta tidak diperkenankan membawa hewan peliharaan.

Untuk menginap semalam di kamar hotel unik ini, kamu wajib membayar sebesar 160 Euro atau setara Rp2,6 juta. Itu sudah termasuk sarapan yang akan diantar di pagi hari langsung ke depan pintu kamar.

Oh, so interesting! [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020