trubus.id
Rumah Kreatif Bapas, Upaya Kembalikan Anak ke Jalan yang Benar

Rumah Kreatif Bapas, Upaya Kembalikan Anak ke Jalan yang Benar

Ihsan Maulana - Rabu, 01 Agu 2018 10:15 WIB

Trubus.id -- Saat ini, fenomena anak dengan kasus hukum pidana masih terus terjadi di berbagai wilayah. Mulai dari kasus penganiyaan, pencurian, bahkan hingga pembunuhan. Tentu hal ini sangat disayangkan, mengingat mereka adalah generasi penerus bangsa Indonesia yang seharusnya memiliki kesempatan hidup layak kedepannya.

Terkait dengan ini, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, bekerja sama dengan Badan Pemasyarakatan Kelas 1 Yogyakarta baru-baru ini meluncurkan Rumah Kreatif Bapas Sleman.

Baca Lainnya: Ruaya, Produk Unik Kerajinan Kayu dari Jogja

"Jadi program Rumah Kreatif ini merupakan kerja sama Bapas Yogyakarta di Kabupaten Sleman, dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam rangka pemenuhan dan perlindungan hak anak yang berhadapan dengan hukum," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sleman, Mafilindati Nuraini.

Ia menambahkan, program Rumah Kreatif Bapas ini bertujuan meningkatkan keimanan, nasionalisme, keterampilan dan kreativitas anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

"Kemudian juga untuk menumbuhkembangkan rasa tanggung jawab, kecakapan hidup, harkat dan martabat anak yang berhadapan dengan hukum," tambahnya.

Baca Lainnya: Seluruh Hewan Kurban di Jogja Dijamin Bebas Penyakit

Sementara itu, Kepala Bapas Yogyakarta, Muhammad Ali Syeh Banna menerangkan, setidaknya ada 11 program unggulan yang menjadi ruang lingkup Rumah Kreatif Bapas di Sleman.

"Terdapat 11 program unggulan ya, diantaramya usaha budi daya lele, telur asin, tanaman pangan dalam pot, kerajinan gerabah (handicraft), pupuk kandang/kompos, bimbingan kewarganegaraan dan Pancasila, bimbingan rohani, bimbingan terapi doa, pijat energi, bimbingan agama dan konseling," imbuhnya.

[KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020