trubus.id
Peristiwa » Satgas Citarum Masih Temukan Peternak Sapi Buang L...
Satgas Citarum Masih Temukan Peternak Sapi Buang Limbah ke Sungai

Satgas Citarum Masih Temukan Peternak Sapi Buang Limbah ke Sungai

Astri Sofyanti - Selasa, 31 Jul 2018 13:00 WIB

Trubus.id -- Satuan Tugas (satgas) Citarum Harum masih menemukan peternak sapi yang membuang limbah kotoran ke anak Sungai Citarum seperti Cibereum dan Cikapundung. Untuk itu, Satgas Ciratum Harum mengeluarkan surat imbauan kepada Pemerintah Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Surat ini berisi tentang imbauan agar melakukan upaya mengatasi permasalahan kotoran sapi. Sejumlah solusi yang ditawarkan seperti membuat kompos, biogas dan memberdayakan peternakan cacing.

Masih ditemukannya limbah kotoran sapi yang dibuang ke anak Sungai Citarum ini berdasarkan hasil survey yang dilakukan sejak tanggal 16 hingga 20 Juli 2018 lalu. hasil survey diketahui masih banyak peternak sapi di enam desa di Lembang yang membuang kotoran sapi langsung ke sungai.

Baca Lainnya : Buang Limbah ke Anak Sungai Citarum, Pabrik Tekstil di Karawang Ditutup Polisi

Camat Lembang, Slamet Nugraha mengakui jika dirinya diminta Satgas Citarum sektor 22 Kota Bandung agar menata dan memperbaiki sungai. Dengan adanya surat imbauan ini pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) yang memiliki lebih dari 7.000 anggota peternak sapi.

"Kita akan melibatkan KPSBU termasuk Dinas Perikanan dan Peternakan (Dipernakan), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat serta Kodam III/Siliwangi," ucapnya di Bandung, Selasa (31/7).

Baca Lainnya : Sempat Gegerkan Warga, Buaya di Sungai Citarum Lenyap Secara Misterius

Lebih lanjut Slamet menuturkan, penanganan terhadap limbah kotoran sapi masih belum maksimal, termasuk mengubah kotoran sapi menjadi biogas belum berhasil. Ini karena penanganan yang baru dilakukan dinilai belum komprehensif.

"Mayoritas warga di Lebang jadi peternak sapi. Kalau satu hari peternak menyumbang sekian kotoran sapi ke sungai, lumayan pencemarannya," ungkap Danramil 0901/Lembang Kapten Pendi. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020