trubus.id
Kemenko PMK Tinjau Pemanfaatan Dana Desa di Kecamatan Syiah Kuala Aceh, Apa Hasilnya?

Kemenko PMK Tinjau Pemanfaatan Dana Desa di Kecamatan Syiah Kuala Aceh, Apa Hasilnya?

Ihsan Maulana - Senin, 30 Jul 2018 18:30 WIB

Trubus.id -- Plt Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi, baru-baru ini memulai kunjungannya ke Provinsi Aceh, didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Aceh, Ichsan Fuady dan jajaran. Kunjungan pertama adalah Gampong Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Kunjungan kerja ini untuk melihat secara langsung pemanfaatan dana desa, juga berdialog dengan masyarakat. Sementara, seluruh gampong di Kota Banda Aceh merupakan penerima dana desa. 

Dalam paparannya, Sonny menjelaskan dana desa harus digunakan secara berkualitas. Misalnya dari perencanaan yang baik, untuk itu mesti didasarkan pada musyawarah desa yang berkualitas. Ia juga menyoroti penyaluran dana desa di Aceh berjalan lambat, walau saat ini sudah baik namun tidak boleh terulang lagi kedepannya.

Baca Lainnya : Dua Desa di Kabupaten Tegal Bermasalah Soal Dana Desa, Ini Penyebabnya

“Saya mengingatkan penyaluran dana desa itu sangat penting, karena mana mungkin desa bisa membangun kalau dana desanya belum bisa disalurkan secara cepat dan tepat,” imbuhnya baru-baru ini.

Kemudian, ia mengatakan sesuai dengan pesan Puan Maharani selaku Menko PMK, setiap rupiah dana desa harus digunakan secara efektif, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dipertanggungjawabkan dengan transparan.

Baca Lainnya : Tahun Depan Dana Desa Ditambah, Total Anggaran Rp85 Triliun

“Program-program pemberdayaan masyarakat sangat penting, karena jika ingin membuat Gampong Tibang ini menjadi lebih maju secara ekonomi, pemberdayaan ekonomi gampong harus ada kelembagaan ekonomi yang menaungi yaitu BUMDes,” tambahnya.

Selain itu, terkait dengan Padat Karya Tunai di Desa (PKTD), Sonny menegaskan kegiatan PKTD yang bersumber dari dana desa, harus masuk ke desa untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dengan kriteria tertentu. Mengingat PKTD itu bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat di desa, memanfaatkan potensi lokal desa. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020