trubus.id
China Ciptakan Air Terjun Buatan Tertinggi di Dunia di Puncak Gedung

China Ciptakan Air Terjun Buatan Tertinggi di Dunia di Puncak Gedung

Karmin Winarta - Senin, 30 Jul 2018 15:00 WIB

Trubus.id -- China selalu membuat terobosan baru yang mencengangkan pubik dunia. Kali ini Negeri Tirai Bambu ini menciptakan air terjun buatan dari sebuah gedung pencakar langit.

Tampaknya para arsitek di China ingin mencari tantangan baru dengan menciptakan desain gedung yang tak biasa. Karena di sini setiap hari muncul bangunan-bangunan pencakar langit yang menjulang. Namun semuanya tak ada yang istimewa. Beberapa bangunan yang selama ini mampu membuat decak kagum adalah  gedung Shanghai's Bund Finance Center.

Baca Lainnya: Piramida China, Reruntuhan Makam Mewah Kekaisaran Xia Barat

Kemunculan Gedung Liebian dengan ketinggian sekitar 121 meter ini awalnya kurang memicu perhatian publik. Gedung yang berdiri megah di  Guiyang, China ini sempat membuat panik warga sekitar ketika air terjun mengalir dari atas gedung untuk pertama kalinya. Gedung dengan air terjun dari atas tampaknya tak pernah dibayangkan banyak orang, sehingga kemunculannya sangat mengejutkan.

Bahkan media lokal sempat melaporkan telah terjadi kebocoran besar-besaran di gedung tersebut. Padahal air terjun buatan tersebut sengaja didesain untuk menciptakan rekor air terjun buatan tertinggi di dunia.

Selain mengejutkan publik, air terjun buatan tersebut juga mendapat kritikan karena menghabiskan biaya listrik sekitar Rp 1,5 juta per jam. Hal ini dianggap pemborosan dan tidak ramah lingkungan. Amusingplanet.com menulis, keberadaan air terjun ini dianggap menganggu orang-orang yang bervisi ke depan. 

Baca Lainnya: Pertama Kali, Bus Tanpa Awak Mengaspal di China, Ramah Lingkungan?

Salah seorang warga menganggap pembuatan air terjun di atas gedung itu adalah ide yang buruk. "Mereka seharusnya benar-benar menghemat energi daripada membuangnya seperti itu, "kata salah satu warga kepada media.

Respon pemimpin proyek pembangunan ini mengatakan, air terjun ini hanya akan mengalir paca acara-acara khusus saja, dan itupun berlangsung tidak lama, hanya selama 10-20 menit. Selain itu air yang digunakan pun menggunakan air daur ulang dari air keran.[KW]

 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020