trubus.id
Ratusan Pendaki Masih Terjebak di Gunung Rinjani, Lombok

Ratusan Pendaki Masih Terjebak di Gunung Rinjani, Lombok

Karmin Winarta - Senin, 30 Jul 2018 07:30 WIB

Trubus.id -- Gunung Rinjani yang berada di Lombok menjadi salah satu lokasi pendakian bagi para pecinta alam. Saat gempa terjadi, diperkirakan nyaris seribuan orang melakukan pendakian gunung dengan ketinggian  3.726 m dpl ini. Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini menjadi favorit para pencaki karena keelokan alamnya.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono, jumlah pendaki yang berada di kawasan gunung itu saat gempa bumi terjadi sekitar 826 orang. Mereka terdiri dari pendaki lokal dan pendaki dari berbagai negara., 

Baca Lainnya: Respon Gempa Lombok, Jokowi Langsung Pimpin Ratas dari Sumbawa

Sementara BTNGR Resor Senaru menyatakan, sebanyak 115 orang wisatawan asing sudah turun gunung dan tiba di Senaru, Lombok Utara. Sementara data dari BTNGR Resor Sembalun, sebanyak 150 orang wisatawan asing dan nusantara.

Ia belum bisa memastikan berapa jumlah pendaki yang masih terjebak di atas gunung. Namun diperkirakan jumlahnya lebih dari 400 orang.

Baca Lainnya: Gempa 6,4 SR di Lombok Akibat Thrust Fault

Salah seoerang pendaki yang juga seorang proter, Uspi mengatakan,  jalur pintu pendakian baik melalui Pintu Senaru yang berada di Lombok Utara dan Pntu Sembalun di Lombok Timur tidak bisa dilewati. Jalur tersebut tertutup oleh tanah longsor dan bongkahan batu. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020