trubus.id
Pengelolaan Dana Desa di Sorong Diakui Mendes PDTT Berhasil

Pengelolaan Dana Desa di Sorong Diakui Mendes PDTT Berhasil

Diah Fauziah - Minggu, 29 Jul 2018 17:00 WIB

Trubus.id -- Hingga saat ini, pemerintah gencar melakukan pengembangan infrastruktur, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Selama tiga tahun, pemerintah sudah mengeluarkan dana sebanyak Rp137 triliun untuk kemajuan infrastruktur desa.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencatat (Kemendes PDTT) mencatat ada 32 ribu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh Indonesia. Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa PDTT mengatakan jika pengelolaan dana desa di Sorong, Papua, sudah berhasil.

Baca Lainnya : Presiden Inginkan Penggunaan Dana Desa Fokus Pada Satu Program Kegiatan

"Di Papua, dana desa masih dipakai untuk pembangunan infrastruktur. Tapi, beberapa daerah yang infrastrukturnya sudah baik seperti Jayapura dan Sorong, dianjurkan untuk mulai pengembangan ekonomi. Dana desa yang diberikan pemerintah bisa dipakai oleh BUMDes untuk bak sampah atau desa wisata," kata Eko, saat ditemui Trubus.id di Sorong, Papua Barat, Sabtu (28/7).

Hal tersebut bisa dilihat dari data pertumbuhan ekonomi Sorong yang mencapai 11,8 persen.

"Pertumbuhan ekonomi di Sorong itu 11 persen. Lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional yang rata-rata mencapai 5,3 persen," imbuhnya.

Baca Lainnya : Di Era Dana Desa, KKN Mahasiwa Sangat Berperan Membangun Desa

Meski demikian, Eko mengharapkan agar setiap desa yang masih dalam tahap pengembangan, bisa mengelola dana desa sebaik mungkin. Ia memberi contoh desa di Kalimantan dan Sumbawa yang berhasil mengelola dana desa untuk membuat prukades seperti budidaya jagung dan budi daya ikan.

"Jadi, tidak ada alasan apakah desa tersebut berada di perbatasan atau non perbatasan. Yang terpenting, fokus pada produk unggulan tertentu sehingga punya skala produksi. Nantinya, kita bisa melibatkan dunia usaha untuk masuk ke daerah-daerah tersebut untuk membangun pasca panen," tambah Eko. [DF]


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020