trubus.id
Life » Cangkang Kepiting Bisa Jadi Alternatif Pengganti P...
Cangkang Kepiting Bisa Jadi Alternatif Pengganti Plastik Masa Depan 

Cangkang Kepiting Bisa Jadi Alternatif Pengganti Plastik Masa Depan 

Ayu Setyowati - Minggu, 29 Jul 2018 08:00 WIB

Trubus.id -- Limbah makanan menjadi masalah lingkungan yang serius, terutama disposable plastic alias plastik sekali pakai yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Setidaknya, lebih dari 9 miliar ton plastik telah dihasilkan oleh manusia. Ironisnya, hanya 9 persen yang didaur ulang. Alternatif pengganti plastik menggunakan bahan-bahan limbah daur ulang pun sedang banyak diusahakan demi mengurangi sampah plastik, dari cangkang kepiting salah satunya.

Diberitakan Munchies, para peneliti di Georgia Institute of Technology tengah bekerja untuk untuk menciptakan kemasan plastik yang terdiri dari lapisan kitin, komponen utama dari cangkang kepiting, udang, kerang, hingga tiram, dan selulosa, kandungan serat yang ditemukan dalam tanaman hijau.

Baca Lainnya : Bisakah Rumput Laut Selamatkan Krisis Plastik Indonesia?

Menurut salah satu peneliti, J. Carson Meredith, produk yang dikerjakan oleh tim mereka ini sangat mirip dengan plastik yang biasanya digunakan dalam botol minuman bersoda dan kemasan keripik kentang. Bahkan, plastik ramah lingkungan ini nantinya akan bekerja lebih baik dalam menjaga makanan tetap segar.

"Dalam mengembangkan penelitian ini, kami membandingkannya dengan PET atau polyethylene terephthalate yang sering ditemukan dalam bahan plastik transparan dari minyak untuk membungkus minuman," tutur Carson.

Uji coba telah dilakukan dengan memasukan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari kitin ke dalam air. Hasilnya mirip dengan plastik pada umumnya, tapi istimewanya bisa diubah menjadi pupuk kompos.

Baca Lainnya : Ilmuwan Inggris Ciptakan Plastik Mudah Terurai dari Lem Pohon

"Bahan-bahan yang kami gunakan dalam pembuatan plastik ramah lingkungan ini mengandung 67 persen pengurangan oksigen dalam bentuk PET. Secara teorinya, dapat menjaga makanan lebih segar dan tahan lama," lanjut Carson.

Selain untuk mengurangi penggunaan plastik, pengerjaan alternatif plastik ini lantaran ingin mengurangi produksi limbah cangkang kepiting sebanyak 6 hingga 8 juta ton setiap tahunnya.

Meski begitu, masih dibutuhkan beberapa waktu lagi untuk para peneliti menyempurnakan pengganti plastik ciptaannya. Tim masih mencari cara untuk menghemat biaya produksi cangkang untuk plastik ramah lingkungan tersebut. Kita tunggu saja, Trubus Mania. [DF] 


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020