trubus.id
Tips Liburan di Jepang Saat Gelombang Panas 

Tips Liburan di Jepang Saat Gelombang Panas 

Ayu Setyowati - Jumat, 27 Jul 2018 12:15 WIB

Trubus.id -- Beberapa daerah di Jepang baru-baru ini sedang dilanda gelombang panas. Suhu udara bisa mencapai 41 derajat celcius. Jika memang berencana atau berada di Jepang saat musim panas ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. 

"Memang panas sekali, saya baru dari Jepang beberapa hari lalu," kata Direktur Eksekutif Japan National Tourism Organization kantor Jakarta, Hideaki Tomioka, dilansir dari Kompascom. 

Baca Lainnya: Pascabanjir, Gelombang Panas di Jepang Tewaskan 14 Orang

Tomioka mengatakan beberapa daerah seperti Kumagaya di Prefektur Saitama dan Shimanto di Prekfektur Kochi, suhu bisa mencapai 41 derajat celcius. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Jepang dalam waktu dekat, Tomioka menyarankan untuk banyak minum, banyak istirahat, dan sesekali masuk ke dalam gedung. 

"Gedung department store dan restoran rata-rata ber-AC, jadi jangan terlalu banyak di ruang terbuka, sesekali masuk dan istirahat," himbau Tomioka. Ia sendiri tidak dapat mengatakan gelombang panas di Jepang sebagai kondisi aman. 

Baca Lainnya: Gelombang Panas di Jepang, Diprediksi Terjadi Hingga Awal Agustus Mendatang

Hideaki menyebut pemerintah Jepang sendiri menyatakan gelombang panas sebagai bencana alam. Japan Times menyebutkan sampai Senin (23/7) sudah 30.000 orang dibawa ke rumah sakit dan 77 orang meninggal karena gelombang panas di Jepang. 

"Simpan nomor ambulans di Jepang, 119, jika terjadi apa-apa. Di Jepang rumah sakit memiliki layanan Bahasa Inggris," jelas Tomioka. Tomioka menyebutkan beberapa daerah di Jepang, seperti contohnya Hokkaido suhunya tidak terlalu tinggi.  [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020