trubus.id
Peristiwa » Padang Gencar Kurangi Sampah Plastik Secara Bertah...
Padang Gencar Kurangi Sampah Plastik Secara Bertahap

Padang Gencar Kurangi Sampah Plastik Secara Bertahap

Astri Sofyanti - Kamis, 26 Jul 2018 14:14 WIB

Trubus.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat tengah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk turut mendukung program pengurangan sampah plastik. Pemkot Padang mengajak seluruh warganya untuk beralih menggunakan keranjang belanjaan untuk mengurangi pemakaian kantong plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang, Al Amin di Padang, Kamis (26/7) mengatakan, rencana ini sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota No 36 tahun 2018, hal ini akan diimplementasikan dengan sosialisasi dan gerakan masif pengurangan kantong plastik.

Baca Lainnya: Terobosan Baru Inggris Tanggulangi Sampah Plastik

“Kita akan lakukan penguatan sosialisasi serta memberikan imbauan kepada pemilik rumah makan, toko, mini market, hingga pedagang di pasar untuk menggunakan kantong plastik yang terbuat dari bahan yang mudah terurai,” ucapnya di Padang, Kamis (26/7).

Saat ini sejumlah toko dan swalayan di Kota Padang telah beralih menggunakan kantong plastik yang terbuat dari bahan organik yang mudah terurai.

“Sedangkan sosialisasi kepada warga dengan memberikan arahan untuk memakai kantong belanjaan yang bisa digunakan berkali-kali. Yang perlu ditekankan kami bukan ingin menghilangkan seutuhnya penggunaan plastik mengingat cukup sulit mencari pengganti plastik seperti di pasar,” paparnya.

Baca Lainnya: Jika Disambung, Sampah Sedotan Plastik Indonesia bisa Mencapai Meksiko dalam Sehari

Pihaknya mengatakan rencananya ini akan dilakukan secara bertahap seperti mengurangi penggunaan kantong plastik berukuran besar dengan bahan yang bisa diuraikan.

“Selain melakukan pengurangan pemakaian warga menggunakan plastik, masyarakat juga bisa memanfaatkan bank sampah untuk mengumpulkan sampah plastik,” tuturnya lagi.

Selain itu, Kota Padang mulai menerapkan kedisliplinan dengan membuang sampah pada tempat yang tersedia, kegiatan positif ini bisa mengurangi sebanyak 15 persen sampah plastik dari jumlah total volume sampah Padang yang mencapai 400 sampai 600 ton dalam sehari. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020