trubus.id
Kiat » Penelitian Ini Buktikan Keunggulan Magot Sebagai P...
Penelitian Ini Buktikan Keunggulan Magot Sebagai Pakan Ikan Alternatif  

Penelitian Ini Buktikan Keunggulan Magot Sebagai Pakan Ikan Alternatif  

Binsar Marulitua - Rabu, 25 Jul 2018 20:45 WIB

Trubus.id -- Sampah memang tidak harus dipandang sebelah mata. Siapa sangka belatung pengurai sampah (Magot) bisa menjadi pakan alternatif untuk ikan maupun unggas yang mampu meningkatkan budidaya perikanan setelah terjadi penurunan angka penangkapan ikan di alam.

Menurut Melta Rini Fahmi dalam buku "MAGOT, Pakan Ikan Protein Tinggi dan Biomesin Pengolah Sampah Organik" yang diterbitkan Penebar Swadaya, pemanfaatan magot sebagai pakan ikan, baik untuk ikan hias maupun ikan konsumsi dalam bentuk tepung magot bisa meningkatkan Daya Tahan ubuh Ikan, mempercepat pertumbuhan, mempercepat kematangan gonad, memperbaiki kualitas warna ikan. 

"Keunggulan magot hidup terletak pada nutrientnya tidak berkurang atau rusak, ikan menjadi cenderung lebih katif dan memiliki performa lebih baik. Sedangkan keuntungan magot kering ada pada masa simpan dan masa pemakaian lebih lama, kandungan nutrient tetap terjaga, dapat diberikan pada ikan dengan berbagai ukuran bukaan mulut dan magot kering dapat dimanfatkan sebagai pakan induk koi dan beberapa jenis ikan predator," jelas Melta seperti dikutip pada halaman 62. 

Baca Lainnya: 5 Keuntungan Mengelola Sampah Organik Pakai Magot

Aplikasi magot sebagai pakan ikan terlihat pada analisis selama tiga bulan. Pemberian suplemen magot kecil memberikan respon-respon yang baik terhadap kesehatan ikan, ditandai dengan tingginya angka kelangsungan hidup (survival rate). 

Pada ikan yang diberi suplemen magot kecil, survival rate mencapai 94%, sedangkan yang tidak suplemen hanya mencapai 64%. Tingginya kelangsungan hidup ikan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan daya tahan tubuh ikan (self defense). Hasil uji coba ini juga memperlihatkan gambaran darah ikan yang diberi suplemen sistem pertahanan tubuh yang baik. 

Sedangkan penelitian selanjutnya, magot hidup diberikan sebagai pakan alternatif sebagai pakan alternatif nila dengan komparasi pelet. Dalam ujicoba selama 40 hari selama masa penelitian tersebut dilakukan pengamatan terhadap kandungan nutrient ikan yaitu protein, lemak, asam lemak, asam amino dan karbohidrat.

Ikan yang diberikan pelet komersial rataan bobot tubuh setelah 40 hari adalah 306 kira kira 5,7g dengan panjang 26 kurang lebih 0,7cm. Adapun nilai yang diberi pakan mogot 100% berbobot 309 kurang lebih 4,7g dan panjang 25 kurang lebih 0,2cm . 

Hasil pengukuran dan penimbangan bobot ikan tersebut menunjukan nila yang diberi magot 100% lebih besar dan ukurannya lebih seragam dibandingkan nila yang diberi pelet. 

Penelitian selanjutnya, adalah pemakaian pelet alternatif berbasis magot untuk pakan ikan nila dan ikan mas. Uji coba dilakukan di kecamatan Singkut Kabupaten Sorolangun, Provinsi Jambi terhadap minyak inti sawit yang menghasilkan bungkil kelapa sawit.

Magot yang diproduksi di wilayah tersebut dikumpulkan dalam satu pabrik pakan yang memproduksi pakan ikan dengan basis bahan baku lokal dengan sumber protein 100 persen dari magot. Formulasi yang dibuat cukup sederhana yaitu dedek halus, magot, vitamin mix  dan binder. 

Ujicoba diberikan dengan membandingkan ikan yang diberi pelet komersial berkadar protein yang hampir sama. Yang didapatkan yakni produksi ikan nila dan ikan mas untuk kedua jenis ikan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Artinya, pelet komersial dapat digantikan dengan pelet alternatif berbasis mogot yang meliliki harga yang lebih rendah. 

Baca Lainnya: Sejak 4 Tahun Lalu Depok Mengolah Sampah Organik Pakai Magot

Begitupun uji coba magot kecil sebagai pakan alami alternatif benih ikan botia. Benih ikan botia yang digunakan berasal dari hasil pembenihan Balai Riset Ikan Hias Depok yang berumur kurang lebih 4 bulan (berat kurang lebih 0,25g dan panjang total kurang lebih2,62 cm. Pemeliharan dilakukan pemeliharaan selama 70 hari dan bobot tubuh ikan dilakukan dengan interval 10 hari

Pemberian magot pada benih ikan bontia ternyata dapat meningkatkan laju pertumbuhan dibandingkan dengan blood warm. 

Dari uji coba ini dapat dismpulkan bahwa magot kecil dapat berfungsi sebagai alami alternatif benih ikan hias, seperti ikan bontia. Mogot kecil berperan sebagai pengganti pakan alami alternatif. 

Tertarik 'banting stir" menjadi pengusaha budidaya magot? Silahkan dapatkan bukunya di toko buku kesayangan Anda dan ikuti panduan teknis, langkah demi langkah. Buku ini dijual dan diedarkan Penebar Swadaya dengan harga Rp.69.000. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020