trubus.id
Perlahan, Harga Telur Ayam di Beberapa Pasar di Jakarta Mulai Turun

Perlahan, Harga Telur Ayam di Beberapa Pasar di Jakarta Mulai Turun

Astri Sofyanti - Rabu, 25 Jul 2018 16:45 WIB

Trubus.id -- Harga telur ayam di DKI Jakarta perlahan berangsur turun. Saat ini di sejumlah pasar tradisional di DKI Jakarta, rata-rata harga telur ayam sudah berada di kisaran Rp27.000 sampai Rp28.000 per kilogram.

Di beberapa pasra, seperti Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat, penurunan harga telur ayam sudah terjadi sejak tiga hari belakangan. Hal itu diungkapkan Endah, seorang pedagang telur ayam di pasar tersebut.

Baca Lainnya : Harga Telur Ayam di Bandung Diperkirakan Normal Akhir Bulan Ini

Endah mengatakan, saat ini dirinya menjual telur ayam sehrga Rp27.000 per kg. Padahal beberapa hari lalu ia mengaku masih menjual sekitar Rp30.000 per kg.

"Sekarang sudah bisa jual Rp27.000 per kilo, bahkan kalau ada yang tawar bisa Rp26.000 kita kasih tapi kan enggak semua pembeli nawar," ucapnya di Jakarta, Rabu (25/7). 

Endah mengatakan, pasokan telur yang dijualnya berasal dari Blitar, Jawa Timur. Meski pasokan kini sudah lancar, namun ia berharap harga telur bisa kembali normal yakni sekitar Rp20.000 sampai Rp23.000 per kg.

Baca Lainnya : Harga Telur Ayam di Pasar Jakarta Barat Baru Turun Seribu Rupiah per Kilogram

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memberi waktu seminggu kepada pedagang untuk memangkas harga telur ayam.

"Kita sepakat memberikan waktu satu minggu ke pedagang. Kalau enggak ada tren penurunan terus, kami menyiapkan langkah-langkah untuk melakukan intervensi pasar. Langkah intervensi ini dilakukan dengan meminta integrator ini mengeluarkan stoknya dan kita akan menjual langsung di pasaran seperti operasi-operasi pasar," ucap Enggar beberapa waktu lalu.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020