trubus.id
Antisipasi Karhutla, 17 Helikopter BNPB Siap Siaga

Antisipasi Karhutla, 17 Helikopter BNPB Siap Siaga

Ihsan Maulana - Selasa, 24 Jul 2018 19:45 WIB

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat ini sudah menyiagakan sebanyak 17 helikopter pembom air dan patroli di berbagai provinsi. Langkah ini diambil dalam rangka meningkatkan antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa wilayah.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, ke 17 helikopter itu tersebar di empat provinsi, salah satunya ada di Sumatra Selatan dengan kekuatan lima helikopter yang terdiri dari tiga helikopter pembom air, dan dua helikopter patroli.

Baca Lainnya : Cegah Karhutla, BNPB Kalbar Siagakan Enam Helikopter

Begitu juga dengan helikopter yang ditempatkan di Provinsi Riau (enam helikopter), Kalimantan Barat (empat helikopter), serta Kalimantan Tengah (dua helikopter).

Sementara itu, BNPB dan instansi terkait lainnya terus memantau dan mengantisipasi Karhutla di Sumatera Selatan serta daerah-daerah lain dengan operasi udara dan darat. Operasi darat juga terus dilakukan oleh satuan tugas darat yang melibatkan aparat TNI-POLRI, BPBD, Manggala Agni, relawan dan pihak swasta.

Sutopo menyebutkan, jumlah titik panas pada musim kemarau tahun ini terus meningkat, dimana yang masa puncaknya diperkirakan pada bulan Agustus hingga September 2018.

Baca Lainnya : Atasi Karhutla, Pemprov Dumai Padamkan Api dengan 5 Helikopter

"Periode penyelenggaraan Asian Games di Sumatra Selatan memang sangat rawan karena terjadi saat puncak kemarau. Oleh karena itu, antisipasi terhadap karhutla perlu ditingkatkan," papar Sutopo kepada awak media lewat pesan singkat, Selasa (24/7).

Sementara itu, BPBD Sumatera Selatan sudah mengajukan 10 helikopter pembom air ke BNPB. Meski saat ini, BNPB sudah mengirimkan enam helikopter, namun dalam waktu dekat, pihaknya akan mengirimkan tambahan empat helikopter pembom air ke Sumatera Selatan. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020