trubus.id
Komunitas Reptile Cilegon Serahkan Ular Sanca ke BBKSDA Serang

Komunitas Reptile Cilegon Serahkan Ular Sanca ke BBKSDA Serang

Thomas Aquinus - Senin, 23 Jul 2018 22:45 WIB

Trubus.id -- Komunitas reptile lovers Cilegon menyerahkan ular sanca (Malayopython reticulatus) sepanjang 3,5 meter ke Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Serang. 

Snake Rescue pada komunitas reptile lovers Cilegon Tubagus Surya mengatakan bahwa ular sanca sepanjang 3,5 meter ditangkap saat memasuki pemukiman penduduk disekitar perumahan Kramatwatu, Kabupaten Serang. 

"Kemungkinan besar dia turun pada hujan deras kemarin (awal Juli) terus ada yang lihat ngelaporin kita, ular liar kemungkinan dari Gunung Pinang," katanya saat menyerahkan ular tersebut di BBKSDA Serang, Ciracas, Kota Serang, Senin (23/7).

Baca Lainnya : Tragis, Ular Piton Raksasa yang Ditangkap Warga Riau akan Dikuliti

Menurutnya, penangkapan dilakukan beberapa orang. Karena, ular tersebut masih liar dan cukup besar jika dilakukan penangkapan seorang diri. "Sebesar itu kalau penanganan satu tidak mungkin," ucapnya. 

Sementara itu, kepala BBKSDA wilayah 1 Serang Andre Ginson mengatakan, pihaknya menerima tiga jenis hewan dari masyarakat yang akan segera dilepas liarkan disekitar Penenjoan dan Rawa Danau. "Ini kita ada tiga monyet ekor panjang, ular sama kucing hutan," ucapnya. 

Baca Lainnya : Tak Lagi Mengular, Seluruh Akses ke Tol Cikampek Mulai Lancar

Dituturkan Andre, pihaknya menerima laporan dari warga di Cilegon yang menyampaikan jika ada seekor monyet ekor panjang yang masuk ke permukiman warga. "Kita dapat info langsung kita evakuasi, monyet liar yang masuk perumahan," katanya. 

Sementara itu untuk kucing liar didapatinya dari wilayah Tirtayasa, Kabupaten Serang dari warga yang menyerahkannya secara sukarela. "Mereka dengan sukarela menyerahkan, masih kecil tapi lincah dan liar dan lebih bagus dilepaskan secepatnya," ujarnya. [NN]
 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020