trubus.id
Manfaat Sehat Teh Puerh, dari Turunkan Berat Badan Hingga Detoksifikasi

Manfaat Sehat Teh Puerh, dari Turunkan Berat Badan Hingga Detoksifikasi

Ayu Setyowati - Senin, 23 Jul 2018 16:30 WIB

Trubus.id -- Beragam jenis teh memang dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya teh hijau, chamomile, black tea hingga blue tea, puerh juga masuk dalam deretan teh yang paling memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Berasal dari distrik Yunnan di China, teh ini dibudidayakan dari tanaman Camellia sinensis yang diolah dengan cara berbeda, yakni teh oolong yang difermentasi dalam kelembapan yang tinggi. Semakin lama disimpan, kelezatan teh ini semakin terasa.

Dikutip dari NDTV, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari teh puerh.

1. Menghilangkan Racun di Tubuh

Teh puerh memiliki manfaat sebagai pembersih tubuh. Tidak sedikit makanan yang kita konsumsi mengandung lemak jahat, racun, dan bahan kimia. Dapat merusak tubuh dari waktu ke waktu.

Nah, teh jenis puerh dapat membantu membersihkan tubuh dan darah dari racun. Mikroorganisme dan gula sederhana yang dihasilkan dari proses fermentasi, bisa menyerang racun dalam darah, membuat seseorang lebih sehat.

Baca Lainnya : Turunkan Kadar Gula Darah, Coba Konsumsi Teh dengan Kayu Manis

2. Meredakan Stres

Kandungan phytochemicals GABA dan theanine telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres serta meningkatkan produksi melatonin alami di otak. Senyawa ini bisa membuat tidur lebih nyenyak dan juga mengurangi stres.

3. Menurunkan Berat Badan

Teh puerh dapat memblokir lemak dalam tubuh. Jika dikombinasikan dengan olahraga yang baik dan diet sehat, teh jenis ini diyakini dapat menunjukkan hasil efektif pada lemak membandel dalam tubuh.

4. Menunjang Kesehatan Secara Menyeluruh

Kandungan antioksidan dan sifat anti inflamasi membuat teh puerh menjadi minuman yang sehat dan kaya khasiat. Antioksidan dalam teh puerh dapat membantu lawan radikal bebas dalam tubuh dan melindunginya dari penyakit.

Baca Lainnya : Minum Teh Saat Sarapan, Ini 5 Manfaat Sehatnya

5. Mengurangi Kolesterol

Proses fermentasi teh puerh dapat menghasilkan produksi lovastatin, statin alami yang diyakini efektif mengelola kadar kolesterol tinggi.

Bagaimana teh puerh dapat membantu turunkan berat badan?

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan dalam studi Departemen Ilmu Kehidupan China dan Bioteknologi Universitas Kunmig menemukan bahwa, teh puerh bisa menurunkan berat badan dan kolesterol serta mengatur kadar gula darah.

Teh puerh juga dikenal karena khasiatnya yang dapat membantu bakar lemak dan mengurangi berat badan dengan membantu tubuh memetabolisme lemak.

Baca Lainnya : Antara Teh Hijau dan Teh Oolong, Manakah yang Lebih Sehat? 

Selain itu, kafein di dalam teh dapat mengeluarkan hormon-hormon tertentu yang bertanggung jawab untuk memetabolisme asam lemak yang disimpan dalam sel-sel lemak. Memungkinkan tubuh untuk menggunakan asam lemak sebagai bahan bakar dan tidak menyimpannya dalam perut.

Teh ini memiliki rasa yang kuat namun lembut. Waktu terbaik minum teh puerh untuk menurunkan berat badan ialah satu jam setelah makan, sehingga dapat menghilangkan lemak berlebih. Juga, bisa membantu tubuh menghilangkan lemak yang tidak diinginkan dan sulit dicerna.

Namun, jika Trubus Mania minum teh puerh sebelum makan, justru akan membuat berat badan naik lantaran cenderung membersihkan timbunan lemak di tubuh. Nah, residu yang tersisa di perut dapat meningkatkan nafsu makan.

Selamat mencoba, Trubus Mania! [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020