trubus.id
Kisah Perempuan Tangguh di Balik Pemadaman Karhutla

Kisah Perempuan Tangguh di Balik Pemadaman Karhutla

Karmin Winarta - Minggu, 22 Jul 2018 09:00 WIB

Trubus.id -- Pekanbaru-Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai sudah berangsur padam sejak terbakar hebat sepekan lalu. Kini, lokasi di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai itu, tinggal mengeluarkan sedikit asap di berbagai titik sembari tetap didinginkan petugas gabungan di lokas

Tak hanya kaum pria, upaya pemadaman ini juga tak luput dari peran serta wanita-wanita tangguh yang bertugas di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA). Tanpa kenal lelah, perempuan ini tak takut berasap dan berarang supaya kawasan lindung tetap terjaga.

"Upaya pemadaman yang hampir sepekan tak luput dari peran perempuan-perempuan tangguh. Tanpa kenal lelah, mereka yang bertugas di BBKSDA turut menjinakkan api," kata Humas BBKSDA Riau Dian Indriarti, Jumat (20/7/2018).

Pegawai perempuan dari BBKSDA ini disebut Dian ikut menarik selang, bahkan menyandang nozzle mengarahkan semprotan air ke titik api untuk memadamkan api yang berkobar. 

"Pantang beranjak sebelum api padam," ucapnya.


 
Di tengah aktivitas itu,  terkadang ada selipan senda gurau dan teriakan khas para perempuan tangguh yang menjadi penyemangat bagi para anggota Manggala Agni dan petugas lainnya dalam melakukan pemadaman kebakaran hutan.

"Salut dan bangga, pegawai wanita BBKSDA turun ke lapangan dalam upaya perlindungan dan pengamanan kawasan konservasi, merekapun memadamkan kebakaran hutan," terang Dian.

Dian tak menampik adanya sejumlah lokasi di TWA itu telah diokupasi oleh sejumlah oknum menjadi kebun. Pohon-pohon yang baru saja ditanam itu sudah dicabut.

"Tanaman non kehutanan yang baru ditanam sudah dicabut," tegasnya.

Terpisah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Pekanbaru masih mendeteksi 18 titik panas sebagai indikasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau. Jumlah itu tersebar di Kabupaten Bengkalis sembilan titik, Kota Dumai tujuh dan Rokan Hilir dua.

Dari 18 titik panas itu, 10 di antaranya dipercaya sebagai titik api dengan level kepercayaan di atas 70 persen. Titik api ini terdapat di Bengkalis sebanyak enam titik, Dumai tiga dan Rokan Hilir satu. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020