trubus.id
Disporapar Melatih 23 Orang Guide Yang Handal

Disporapar Melatih 23 Orang Guide Yang Handal

Thomas Aquinus - Sabtu, 21 Jul 2018 22:00 WIB

Trubus.id -- Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Serang, Banten melatih 23 orang untuk dijadikan guide. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi target wisatawan dari mancanegara yang sudah mulai ramai berdatangan ke Kota Serang. Maka dari itu, pihaknya memberikan materi publik speaking, manejemen pemasaran pariwisata dan kearifan lokal.

"Pelatihan ini kita namakan Pelatihan Pemandu Wisata. Kita juga bekerjasama dengan Himpunan Pramu Wisata (HPI) untuk melatih 23 orang yang berasal dari Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis), Perguruan Tinggi dan Kang Nong sebagai duta wisata hasil pemilihan dilatih untuk menjadi guide. Kenapa, karena mengantisipasi target wisatawan mancanegara sudah memulai banyak di Kota Serang semua guide dibekali bahasa asing, terstruktur dan berjenjang," kata Kabid Promosi Pariwisata di Disporapar Kota Serang, Nursalim kepada Trubus.id, Sabtu (21/7).

Baca Lainnya : Jaga Pariwisata Danau Toba, Masyarakat Diimbau Tidak Sembarang Buang Sampah 

Karena menurutnya, pengunjung mancanegara pada tahun 2017 berdasarkan data yang tercatat di Disporapar Kota Serang sudah mencapai 1,7 juta orang pengunjung ke Kota Serang. "Dari Jepang, Filipina, Francis, Inggris dan Australia untuk pengunjung wisata religi Banten Lama, untuk tahun 2018 ini baru sampai bulan Juli sudah capai 800 ribu pengunjung. Target tahun ini 2 juta pengunjung," ujarnya

Maka dari itu, Nursalim menegaskan, di Kota Serang harus memiliki guide yang betul-betul handal, supaya ketika ada pengunjung mancanegara bisa diarahkan. Dirinya juga akan membuat sertifikasi untuk guide kedepannya. "Pelatihan ini akan terus berjalan, tahun depan akan ada pelatihan kembali dengan orang yang sama. Tiga tahun kedepannya baru membuka orang baru," jelasnya.

Adapun peserta yang dilatih, masih kata Nursalim, Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis), Perguruan Tinggi dan Kang Nong sebagai duta wisata hasil pemilihan dilatih untuk menjadi guide. "Kami juga akan mengadakan sertifikasi, guide yang ada disini bisa dipertanggung jawabkan bisa tidak menyalah gunakan, kita ingin menghasilkan pemandu wisata yang betul menguasai segala bentuk pariwisata," tandasnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020