trubus.id
Melebihi Ekspetasi, Mutu Produk Ikan Indonesia Bikin Australia Kaget

Melebihi Ekspetasi, Mutu Produk Ikan Indonesia Bikin Australia Kaget

Thomas Aquinus - Sabtu, 21 Jul 2018 14:00 WIB

Trubus.id -- Kepala Pusat Pengendalian Mutu Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Widodo Sumiyanto mengatakan bahwa, Australia kaget ketika memeriksa produk perikanan Indonesia.

Menurutnya, Tim Departemen Pertanian dan Sumber Daya Air (DAWR) Australia sampai tidak menyangka jika mutu produksi perikanan Indonesia sangat baik.
Hasil tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak mereka. Atas hasil tersebut, Indonesia diganjar predikat memuaskan dari DAWR Australia atas produk perikanan.

“Intinya, secara rangkuman pada saat closing meeting, tim DAWR sangat puas dengan sistem yang diterapkan di Indonesia baik untuk mutu dan keamanan hasil perikanan. Dia (inspektur dari Australia) sampai mengatakan ini di luar ekspektasi tim Australia,” ujar Widodo seperti termuat dalam keterangan resmi, Jumat (20/7).

Baca Lainnya : Kendalikan Penggunaan Merkuri, Pemerintah Perketat Regulasi dengan Perpres

Widodo mengungkapkan, hingga saat ini Indoensia telah mengekspor sejumlah komoditas perikanan lainnya ke Australia seperti ikan karang, barramundi (kakap putih) grouper (kerapu). Selain itu, Indonesia juga mengekspor udang ke Australia, tetapi masih dalam jumlah yang tergolong kecil.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, volume ekspor udang ke negeri kanguru tahun lalu hanya 41,6 ton dengan nilai US$370.969. Sementara pangsa ekspor udang Indonesia ke Australia mencapai 0,03% dari total pengapalan ke seluruh dunia, baik secara volume maupun nilai.

Baca Lainnya : Dua Langkah Kementan Kendalikan Harga Telur Ayam 

Selama inspeksi yang dilakukan sejak 2-6 Juni, perwakilan pemerintah Australia melakukan inspeksi atas sejumlah hal seperti cara pembibitan, pembesaran, dan panen hingga pemrosesan udang, begitu pula dengan kondisi dan sistem yang berjalan pada laboratorium di Indonesia.

Dengan hasil positif ini, diharapkan berdampak pada ekspor komoditas udang mentah beku ke Australia sehingga dapat menggenjot volume ekspor perikanan Indonesia. [NN]
 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020