trubus.id
Ini Penjelasan Anies Mengapa Kali Item Ditutup Jaring Hitam

Ini Penjelasan Anies Mengapa Kali Item Ditutup Jaring Hitam

Ihsan Maulana - Sabtu, 21 Jul 2018 10:00 WIB

Trubus.id -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan, pemasangan jaring berwarna hitam tipis yang menutupi Kali Item di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat untuk mengurangi penguapan. Ia menyebut jika hal ini sudah didiskusikan dengan sejumlah pakar sebelumnya.

"Saya yang instruksikan, setelah saya diskusi dengan beberapa orang pakar. Salah satu caranya dengan mengurangi proses penguapan sungai itu dengan kain penutup, sehingga tidak terjadi proses evaporasi," ujar Anies di Balai Kota, Jumat (20/7).

Ia menambahkan dengan penguapan yang dikurangi, diharapkan nantinya dari hilir sudah dapat dikurangi potensi polutannya sehingga bisa dicegah di lokasi yang ada. Kemudian, kain hitam menurutnya dapat mengurangi pencahayaan dari sinar panas matahari sehingga dapat mengurangi evaporasi.

Baca Lainnya : Sambut Asian Games, Kali Kemayoran yang Kumuh Ditutupi Kain Hitam

"Tentu harapannya aroma bau kali tidak tercium. Tetapi bukan berarti problemnya langsung selesai karena memang sudah menahun di situ," lanjut Anies.

Di sisi lain, ia juga membenarkan jika air yang mengalir ke sana berpolusi tinggi, sehingga kalinya disebut Kali Item karena warnanya hitam pekat. "Tapi bukan hanya warnanya aja, aromanya juga," pungkasnya.

Baca Lainnya : Selain Dipasangi Waring, Tepian Kali Kemayoran Juga Akan Dipercantik dengan Tanaman

Sebelumnya, apa yang dilakukan Pemprov DKI ini bukan tanpa alasan, karena di samping Kali Sentiong ini, terdapat kompleks Wisma Atlet yang akan digunakan sebagai tempat menginap atlet Asian Games 2018, yang kebetulan cafetarianya berlokasi di halaman yang dekat dengan sungai.

Terkait dengan itu, Anies mengatakan jika pada waktu-waktu tertentu, yakni siang hingga sore ketika sungai mengalami penguapan, maka aroma dari sungai itu terbawa angin dan tercium di lingkungan tersebut. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020