trubus.id
Disporapar Targetkan 2 Juta Pengunjung Mancanegara Datang Ke Wisata Religi Banten Lama

Disporapar Targetkan 2 Juta Pengunjung Mancanegara Datang Ke Wisata Religi Banten Lama

Thomas Aquinus - Jumat, 20 Jul 2018 22:45 WIB

Trubus.id -- Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Serang menargetkan ditahun 2018 pengunjung Wisata Religi Banten Lama sebanyak 2 juta orang. Sedangkan untuk data para pengunjung tahun 2017 mencapai 1,7 juta orang.

"Target tahun ini 2 juta pengunjung, karena ditahun 2017 saja yang datang ke wisata religi Banten Lama capai 1,7 juta pengunjung. Pencapaian itu diukur karena pada bulan Juli ini saja sudah ada 800 ribu pengunjung," ujar Kepala Bidang (Kabid) Promosi Pariwisata pada Disporapar Kota Serang, Nursalim kepada Trubus.id, Jumat (20/7).

Pengunjung tersebut, lanjut Nursalim, diantaranya berasal dari negara Asia dan Eropa. "Kalau dari Asia Jepang dan Filipina. Sedangkan dari Negara Eropa ada Francis, Inggris dan Australia," katanya.

Baca Lainnya : Tak Melulu Pantai, Ini Alternatif Wisata Gresik yang Ciamik

Namun pihaknya menyayangkan meskipun banyak pengunjung, dirinya tidak bisa menarik retribusi, karena Perda Pariwisata di Kota Serang belum disahkan. "Perdanya belum ketuk palu sudah ada tiga tahunan yang lalu, jadi kita tidak bisa narik retribusi, kalau kita tetap melanggar menarik retribusi yang ada kita dianggap pungli," katanya.

Untuk destinasi wisata Kota Serang sendiri, Nursalim mengungkapkan terdapat 24 lokasi destinasi wisata, diantaranya Banten Lama, Kaibon, Surosowan, Banten Girang, Kapal Bosok, Rumah Hutan dan lainnya. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan destinasi wisata lainnya. "Untuk menara pandang di Pulau Burung, lalu ada rencana membuat replika kapal VOC pertama yang datang ke Banten itu di Pasir Putih," ujarnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020