trubus.id
Berdayakan Perempuan dan Anak Papua, Kementerian PPPA Libatkan Dewan Adat

Berdayakan Perempuan dan Anak Papua, Kementerian PPPA Libatkan Dewan Adat

Thomas Aquinus - Jumat, 20 Jul 2018 20:00 WIB

Trubus.id -- Dalam rangka melakukan upaya pemberdayaan perempuan dan anak di tanah Papua, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) turut melibatkan Dewan Adat setempat.

“Dengar pendapat ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat internasional tentang komitmen dan keseriusan pemerintah. Salah satunya dengan merangkul Dewan Adat untuk bekerja sama memajukan perempuan dan anak,” jelas Menteri PPPA, Yohana Yembise.

Pembangunan di Papua, menurut Yohana melibatkan peran tiga pilar (tungku) yaitu tokoh adat, tokoh agama dan pemerintah.

Baca Lainnya : Kepala Staf Kepresidenan Apresiasi Program Pemberdayaan Yayasan Bina Swadaya

Dalam kesempatan tersebut, pimpinan Dewan Adat Papua, Yan Pieter Yarangga pun mengungkapkan pihak Dewan Adat Papua akan terus bekerja sama dengan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian PPPA.

“Seluruh pimpinan Dewan Adat yakin bahwa menyelamatkan perempuan dan anak sejak dini merupakan indikator kuat dalam mendukung pembangunan bangsa yang berkelanjutan,” kata Yarangga seperti dilansir KemenPPPA, Jumat (20/7).

Kerja sama di tujuh wilayah

Kerja sama antara Kementerian PPPA dengan Dewan Adat Papua sudah dilakukan di 7 Wilayah Adat. Di anataranya La Pago, Me Pago, Anim Ha, Doberai, Boomberai, dan Saireri.

Baca Lainnya : Pemkab Teluk Wondama Papua Barat Tingkatkan Ekonomi Warga dengan KUR

Diawali konferensi dengar pendapat dengan masyarakat adat di Biak tahun 2016 yang menghasilkan desain tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di tanah Papua.

“Desain ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan, salah satunya pemberdayaan ekonomi perempuan, kesehatan perempuan dan anak serta perlindungan anak terlantar, yang tentunya melibatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di tingkat daerah,” pungkas Yohana. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020