trubus.id
Sambil Nonton Asian Games 2018, Ini Destinasi Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi

Sambil Nonton Asian Games 2018, Ini Destinasi Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi

Ayu Setyowati - Jumat, 20 Jul 2018 18:30 WIB

Trubus.id -- Bersama Jakarta, Kota Palembang di Provinsi Sumatra Selatan telah ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games XVIII sejak tahun 2014. Sejak saat itu, Pemerintah Kota Palembang mulai mengembangkan dan membangun banyak fasilitas serta layanan demi menyambut atlet dan turis yang bakal berdatangan.

Dikutip dari CNN, Kementerian Pariwisata memperkirakan momen penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang ini bakal mendatangkan devisa hingga Rp3 triliun dan turis sebanyak 700 ribu orang.

Angka tersebut sudah mencakup kedatangan atlet dan tim resmi sebanyak 20 ribu orang serta penonton Asian Games 2018 yang diperkirakan mencapai 150 ribu orang.

Baca Lainnya : Jaga Kesehatan Kuda Asian Games 2018, Kementan Siapkan Tempat Khusus untuk Karantina

Pergerakan jumlah turis di Palembang sudah terasa sejak setahun terakhir. Pada 2017, sebanyak 2,1 juta turis lokal dan 12 ribu turis mancanegara tercatat datang, di mana pada 2018 diharapkan ada peningkatan sebanyak 30 persen.

Kota Palembang dibelah oleh Sungai Musi yang memisahkan kawasan Seberang Ulu dan kawasan Seberang Ilir. Konsep wisata sungai di Kota Pempek ini mirip dengan Surabaya dan Banjarmasin.

Menjelang Asian Games XVIII pada 18 Agustus hingga 2 September 2018, kawasan wisata di bantaran Sungai Musi mulai ditata, seperti Pulau Kemaro, Kampung Kapitan, hingga Kampung Arab Al Munawar.

Sementara, destinasi wisata yang terbilang sudah eksis semakin dipercantik, seperti kawasan Benteng Kuto Besak (BKB), Jembatan Ampera, Masjid Agung dan Museum SMB II.

Baca Lainnya : Bhin Bhin, Maskot Asian Games 2018 yang Diadaptasi dari Burung Cenderawasih

Khusus di kawasan BKB, dibangun Tugu Belido yang bersebelahan dengan Restoran Riverside. Turis dapat mendatangi lokasi wisata tersebut menggunakan perahu cepat.

Destinasi Baru

Selain itu, sejumlah destinasi wisata baru pun ikut dimunculkan. Seperti kawasan seni Pedestrian Soedirman dan Lorong Basah Night Culinary Market yang khusus dibuka pada malam hari, dengan lokasi yang hanya beberapa ratus meter dari BKB.

Pedestrian Soedirman terbilang sudah eksis dengan setiap akhir pekan menjadi lokasi pertunjukan seni, baik seni tradisional, kontemporer, hingga modern.

Infrastruktur pun sudah sangat mendukung karena wisatawan dapat duduk-duduk santai di kursi melingkar yang ada di trotoar layaknya di Orchard Singapura.

Sementara untuk Lorong Basah Night Culinary Market bisa dikatakan sukses. Lokasi yang berada di tengah-tengah pasar, seperti kondisi Pasar Baru Jakarta, memberikan sensasi tersendiri bagi turis yang ingin menyantap jajanan kaki lima khas Palembang.

Kota Palembang tak lupa menyajikan tempat yang instagenik seperti Tepian Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park dan Kampung Musi Bercorak.

Baca Lainnya : Atung, Maskot Asian Games 2018 Itu Ternyata Satwa Langka Gresik

Selain itu, ada juga lokasi wisata yang tak berada di jalur sungai, seperti Al Quran Akbar, Bukit Siguntang, Monkey Forest Bagus Kuning, Kawah Tengkurep dan Museum Bala Putra Dewa.

Total, Indonesia bakal kedatangan sekitar 50 ribu orang dalam ajang kompetisi olahraga tersebut. Di saat yang sama, pemerintah juga bisa memanfaatkan momen Asian Games XVIII guna menggenjot target kunjungan turis mancanegara sebanyak 17 juta pada tahun ini. Apalagi, 2018 dicanangkan menjadi tahun kunjungan ke Indonesia atau Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018.

"Yang pertama kami akan menjual 7 destinasi dengan 75 paket. Untuk destinasi utamanya adalah Jakarta, Palembang dan sekitarnya (Jawa Barat dan Banten), termasuk Bali," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya mengenai usaha Kemenpar menyokong promosi Asian Games XVIII. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020