trubus.id
Kemenperin Akan Gaet Ribuan Orang Untuk Jadi Pengusaha IKM Bulan Ini

Kemenperin Akan Gaet Ribuan Orang Untuk Jadi Pengusaha IKM Bulan Ini

Ihsan Maulana - Jumat, 20 Jul 2018 19:30 WIB

Trubus.id -- Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian, dalam waktu dekat akan menyerap sekitar 1.150 orang untuk menjadi pengusaha IKM lewat peluncuran kembali Program e-Smart IKM di Bogor, Jawa Barat.

"Memang rencananya akhir Juli atau awal Agustus ya, kita mau kasih tahu bahwa jadi pengusaha itu tidak usah takut-takut. Sekarang sudah gampang semuanya," ujar Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Jumat (20/7).

Ia menambahkan, para pelaku IKM sering mengeluhkan mengenai pemasaran produk, untuk itu ia sudah mendapatkan solusi, yaitu melalui program e-Smart IKM, di mana pelaku IKM dibina untuk memasarkan produk secara online dengan tepat sasaran.

Baca Lainnya : Kemenperin Upayakan IKM Masuk ke Dalam Revolusi Industri 4.0

"Jadi, bagi yang belum menjadi pelaku IKM, mulai saja dulu. Nanti ikuti pembinaan untuk usahanya," lanjutnya.

Selain itu, Kemenperin juga menargetkan sebanyak 4000 industri kecil dan menengah (IKM) dalam negeri, bisa bergabung dalam program e-Smart IKM pada 2018. Jumlah ini meningkat jika dibanding tahun lalu yang pesertanya mencapai 2.730 IKM.

Baca Lainnya : Gelang Calon Jamaah Haji Ternyata Dibuat IKM di Jateng

"Kami terus memacu IKM kita agar mampu memasarkan produknya di marketplace melalui program e-Smart IKM, yang merupakan sistem basis data dengan menyajikan berupa profil, sentra, dan produk IKM," lanjut Gati.

Ia menilai, pemanfaatan e-Smart IKM ini dapat memberikan jaminan terhadap produk, keamanan dan standarisasi. Sejak diluncurkan e-Smart IKM pada Januari 2017 lalu, Kemenperin juga telah menggandeng beberapa marketplace dalam negeri seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Shopee, dan Blanja.com. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020