trubus.id
Dicari Selama 10 Tahun, Buaya Air Asin Berhasil Ditangkap

Dicari Selama 10 Tahun, Buaya Air Asin Berhasil Ditangkap

Diah Fauziah - Selasa, 17 Jul 2018 20:30 WIB

Trubus.id -- Belum lama ini, petugas alam liar di Nothern Territory (NT), Australia, berhasil menangkap seekor buaya air asin yang telah dicari selama 10 tahun. Ketika ditangkap, buaya tersebut memiliki panjang 4,7 meter dengan berat mencapai 600 kilogram.

"Merupakan buaya air asin terbesar yang pernah diambil dari zona manajemen Sungai Katherine," kata John Burke, pertugas margasatwa kepada ABC News.

Baca Lainnya : Selama ratusan Tahun, Warga Tepi Danau Ini Bersahabat dengan Buaya Suci

Tidak mudah untuk menangkap satwa liar ini. Selama bertahun-tahun, petugas dibuat kesulitan ketika ingin menangkapnya. Hingga akhirnya, petugas dari NT dan Wildlife Rangers memasang perangkap di sebuah jalur Sungai Katharina.

Usaha mereka tidak sia-sia. Buaya yang diperkirakan berumur 60 tahun ini masuk perangkap. Saat ditangkap, buaya berada di 30 kilometer dari hilir Sungai Katharine.

"Ternyata, menangkap buaya besar tidaklah sesulit yang dibayangkan. Lebih mudah ditangkap daripada buaya yang kecil," ucap John.

Baca Lainnya : Buaya dan Aligator, Apa Perbedaan Keduanya?

Lantas, apa memang buaya air asin ini merupakan yang terbesar? Berdasarkan Rekor Guiness, buaya terbesar yang pernah ditangkap ialah buaya air asin dari Filipina. Ukuran Lolong mencapai 6,17 meter.

Dibutuhkan kondisi khusus agar panjang buaya mencapai 4,7 meter. Misalkan cuaca hangat, ruang cukup luas untuk menjelajah, dan mangsa-mangsa yang juga berukuran besar. Jenis kelamin dan usia ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan buaya, di mana umumnya, buaya jantan lebih besar daripada betina. [DF]

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020