trubus.id
Life » Beruang Kutub Mengunyah Plastik di Pulau Terpencil...
Beruang Kutub Mengunyah Plastik di Pulau Terpencil, Tanda Polusi yang Mengkhawatirkan

Beruang Kutub Mengunyah Plastik di Pulau Terpencil, Tanda Polusi yang Mengkhawatirkan

Diah Fauziah - Rabu, 18 Jul 2018 06:30 WIB

Trubus.id -- Pulau Svalbard yang terpencil merupakan kepulauan yang ada di Norwegia. Pulau yang terletak dekat Kutub Utara ini merupakan habitat asli beruang kutub. Beberapa waktu lalu, beredar beberapa foto yang sangat memilukan.

Di foto tersebut terlihat dua ekor beruang kutub yang masih muda sedang bermain-main dengan selembar plastik hitam besar di pulau terpencil itu. Setelah itu, satwa liar tersebut memasukkan plastik ke dalam mulutnya. Induk beruang kutub terlihat di samping anaknya yang sedang bermain dengan sampah plastik. Menyedihkan bukan?

Baca Lainnya : Setelah 25 Tahun, Beruang Kutub Lahir di Skotlandia

Svalbard, yang letaknya ratusan mil dari Benua Eropa ini, hanya dihuni oleh 2.500 orang. Bisa dibayangkan jika sampah yang ada di sana tidaklah banyak. Apalagi, Norwegia merupakan negara yang peduli dengan lingkungan. Namun, para peneliti menemukan fakta bahwa perairan beku membawa sampah plastik ke mana pun, tidak terkecuali ke Svalbard.

Claire Wallerstein, salah seorang peneliti yang tergabung dalam Sail Against Plastic, mengungkapkan pengalamannya saat melakukan ekspedisi ke Lingkaran Arktik bersama 15 ilmuwan, seniman, dan pembuat film.

Baca Lainnya : Memilukan, Es Mencair, Beruang Kutub Kelaparan dan Sekarat

"Kami sangat beruntung diundang untuk mengambil bagian dalam ekspedisi unik ini. Pengalaman menakjubkan bisa melihat satwa liar Arktik, gletser menakjubkan dan mengalami sinar matahari 24 jam," kata Claire.

Ia melanjutkan, "Namun, itu menjadi pengalaman sangat serius untuk melihat berapa banyak plastik yang menuju ke lingkungan terpencil di dunia." [DF]

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020