trubus.id
BKSDA Agam Imbau Warga, Waspadai Kemunculan Harimau Sumatera

BKSDA Agam Imbau Warga, Waspadai Kemunculan Harimau Sumatera

Ihsan Maulana - Senin, 16 Jul 2018 19:15 WIB

Trubus.id -- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumatera Barat, mengimbau warga Garagahan, Kecamatan Lubukbasung, Sumatera Barat agar meningkatkan kewaspadaan mereka, terutama saat berkebun.

Imbauan dikeluarkan menyusul kabar munculnya harimau Sumatera (Pantera tigris sumaterae) yang dilaporkan telah memangsa ternak warga di sekitar daerah tersebut.

"Warga sekarang kalau ke kebun usahakan lebih dari satu orang," ujar Kepala BKSDA Resor Agam, Syahrial Tanjung, Senin (16/7).

Baca Lainnya : Heboh, Harimau yang Muncul di Kebun Warga Berasal dari Bukit Bungkuk

Kemudian, BKSDA Resor Agam juga mengimbau warga agar segera meninggalkan kebun mereka pada sore hari sekitar pukul 16:00 WIB sore. Selain itu, warga juga diimbau agar tidak pergi ke kebun hujan karena pada saat itu harimau biasa keluar berburu mangsa.

Warga yang memiliki hewan ternak juga diminta tidak mengembalakan di daerah hutan, supaya warga dan ternaknya tidak menjadi korban.

"Sebelumnya kami dapat informasi dari warga tetangga Kabupaten Padang Pariaman, bahwa harimau muncul dan memakan sapi warga Lubuk Gadang Rimbo Tabukak, Jorong Kampung Baringin, Kecamatan Tigo Koto Aur Malintang, Padang Pariaman. Informasi itu kami dapat dari keterangan warga saat mendatangi kantor pada hari ini," tambahnya.

Dari informasi warga itu diketahui, harimau ini mulai nampak sekitar seminggu yang lalu dan memangsa sapi warga setempat pada Sabtu (14/7) kemarin.

Baca Lainnya : 6 Harimau Diduga Berkeliaran di Dekat Pemukiman Warga Kampar, Riau

Usai menerima laporan, BKSDA Resor Agam sendiri langsung melakukan koordinasi dengan BKSDA Padang Pariaman, dan rencananya, BKSDA setempat akan menelusuri daerah Garagahan untuk memastikan apakah harimau itu berada di Garagahan, karena lokasi itu berbatasan langsung dengan munculnya harimau.

Sebelumnya, keberadaan hewan buas itu juga terdeteksi warga Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, yang menemukan jejak kaki harimau di kebunnya, pada Minggu (24/6) silam. [RN]

 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020