trubus.id
Ini Cara Jitu Pemkab Purbalingga, untuk Gaet Wisatawan Muda

Ini Cara Jitu Pemkab Purbalingga, untuk Gaet Wisatawan Muda

Ihsan Maulana - Senin, 16 Jul 2018 14:15 WIB

Trubus.id -- Guna menarik minat wisatawan dari kalangan generasi muda, Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, terus berinovasi mengembangkan destinasi wisata baru. Salah satu langkah yang dnilai bisa menambah jumlah wisatawan dari generasi muda ini adalah wisata edukasi.

"Yang jelas, wisata edukasi ini akan terus ditingkatkan dan dikembangkan dengan melibatkan seluruh pihak terkait," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Purbalingga, Prayitno di Purbalingga, Senin (16/7).

Baca Lainnya : Gunung Timau, NTT Siap Dibuka Jadi Destinasi Wisata Keantariksaan

Ia menambahkan, saat ini di Purbalingga telah memiliki sejumlah destinasi wisata edukasi, seperti di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas, yang berlokasi di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara. Kemudian ada juga Goa Lawa Purbalingga (Golaga), yang merupakan alternatif untuk berwisata sekaligus mempelajari sejarah pembentukan gua.

"Baru-baru ini Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko berkunjung ke Taman Wisata Pendidikan Purbasari, dan menyatakan dukungannya terhadap pengembangan wisata edukasi di Purbalingga," imbuhnya.

"Wisata edukasi di Taman Wisata Pendidikan Purbasari misalnya, dinilai dapat menambah wawasan pengunjung terkait peternakan dan perikanan," sambungnya.

Di sisi lain, pengamat pariwisata Universitas Jenderal Soedirman, Chusmeru menjelaskan, wisata edukasi sendiri adalah konsep dan kegiatan yang memadukan unsur wisata atau rekreasi dan muatan pendidikan atau edukasi.

Baca Lainnya : Pemkab Batang Akan Realisasikan Pembangunan Taman Edukasi Maritim

"Wisata edukasi bisa dilakukan sebagai salah satu bentuk ekstrakulikuler sekolah maupun bagian dari rencana pembelajaran mulai dari SD hingga SMA bahkan perguruan tinggi," jelasnya.

Ia mencontohkan, kegiatan wisata edukasi, bisa dalam ruang seperti museum, laboratorium, galeri seni budaya, studio, gedung kesenian atau teater dan lain sebagainya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020