trubus.id
Life » Akhirnya, Sampah di Tol Pipitan Dibersihkan
Akhirnya, Sampah di Tol Pipitan Dibersihkan

Akhirnya, Sampah di Tol Pipitan Dibersihkan

Diah Fauziah - Minggu, 15 Jul 2018 22:00 WIB

Trubus.id -- Puluhan warga dari Kelurahan Pipitan, Pokdarwis Situ Ciwaka, Taman Kreatif Pipitan, IKA SMPN 1 Walantaka, Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Kecamatan Walantaka, SMK Al-Khaeriyah Pengampelan, KKM Uniba dan Karang Taruna Kelurahan Pipitan, bergotong royong membersihkan gundukan sampah yang ada di Tol Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, dengan menimbunnya pakai tanah merah.

Selain ditimbun, warga juga memagar dan membakar sampah agar tidak ada lagi orang yang membuang sampah sembarangan.

Baca Lainnya : Begini Cara Rwanda Mengatasi Sampah Elektronik

"Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian masyarakat atas lingkungan. Setelah dibersihkan, semoga tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan," ujar Sekjen Pokdarwis Situ Ciwaka, Slamet Ibnu Hadi kepada Trubus.id, Minggu (15/7).

Setelah wilayah tersebut bersih dari sampah, Slamet mengatakan jika pihaknya akan menanamkan pohon agar kelihatan indah.

"Apa yang kami lakukan hari ini baru mencapai 30 persen saja. Akan dilanjutkan pekan depan sampai semuanya bersih. Kemudian, kami akan tanami dengan pohon supaya kelihatannya indah dan rindang," ujarnya.

Baca Lainnya : 25 Persen Sampah di Jakarta Siap Diubah Jadi Energi Listrik

Untuk anggaran yang dikeluarkan, Slamet menuturkan jika pihaknya hanya mengandalkan swadaya dari masyarakat. Maka dari itu, ia berharap jika Pemerintah Kota Serang bisa memberikan bantuan.

"Kita masih membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk pembelian tanah. Nantinya, tanah itu akan digunakan untuk menimbun sampah. Kita masih butuh 10 truk berisi tanah. Tanah yang sekarang dipakai merupakan bantuan dari lurah, kalau yang lain belum," bebernya.

Baca Lainnya : Negara Nordik Bantu Bandung Kelola Sampah

Slamet berharap, pemerintah setempat, terutama di Kecamatan Walantaka, bisa memberikan bantuan dalam bentuk tanah merah melalui pengembang yang sedang melakukan pembangunan perumahan di wilayah Walantaka.

"Saya sih berharap, pengembang yang saat ini sedang membangun, ikut membantu dan memberikan fasilitas tempat sampah yang mempuni untuk ke depannya," kata Slamet. [DF]

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020