trubus.id
Peristiwa » Susi Pudjiastuti: Ancaman Kerusakan Laut di Indone...
Susi Pudjiastuti: Ancaman Kerusakan Laut di Indonesia Masih Tinggi

Susi Pudjiastuti: Ancaman Kerusakan Laut di Indonesia Masih Tinggi

Astri Sofyanti - Minggu, 15 Jul 2018 16:00 WIB

Trubus.id -- Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki luas wilayah laut yang terbentang luas. Meski begitu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa ancaman terhadap laut Indonesia masih cukup tinggi.

Dampak kerusakan lingkungan di laut ditandai dengan bertambahnya volume sampah plastik di perairan. Penangkapan ikan dengan cara merusak ekosistem, marak dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Padahal, kita memiliki kekayaan laut yang sangat indah. Tapi sayang, ancaman terhadap laut masih sangat tinggi," tegas Susi saat meluncurkan kampanye Gerakan untuk Laut Indonesia yang Sehat di Jakarta, Minggu (15/7).

Baca Lainnya : Ikut Paket C, Susi Pudjiastuti Lulus SMA

Ketika berkunjung ke sejumlah daerah, Susi masih menemukan nelayan yang membawa potas dalam jumlah besar untuk menangkap ikan.

"Padahal, menggunakan potas sianida sebanyak 1 gram saja bisa membunuh ekosistem di luasan sekitar enam meter persegi," terangnya.

Maka dari itu, ia terus menekankan bahwa menjaga lautan Indonesia bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi seluruh elemen masyarakat demi kelangsungan ekosistem di perairan Indonesia. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020