trubus.id
Rutin Minum Susu dan Olahraga Bisa Bantu Perokok Berhenti

Rutin Minum Susu dan Olahraga Bisa Bantu Perokok Berhenti

Astri Sofyanti - Minggu, 15 Jul 2018 18:00 WIB

Trubus.id -- Jika kamu perokok, pasti akan sulit untuk tidak mengisapnya dalam sehari. Sebagaimana diketahui, sebagian besar perokok akan merasa bahwa rokok adalah bagian dari kebutuhan harian yang tak bisa ditinggalkan, bahkan saat mereka dalam keadaan sibuk sekalipun.

 Ya, cukup sulit bagi mereka yang ketergantungan dengan rokok untuk berhenti dari kebiasaan ini. Namun, kalau kalian mau pensiun merokok, cara terbaik ialah mengubah pola hidup dengan rutin minum susu dan memperbanyak olahraga.

Studi yang dilakukan Duke University di Amerika Serikat mengungkapkan jika mengonsumsi susu bisa membuat si perokok merasa tidak nikmat menghisap sebatang rokok yang terdiri dari campuran tembakau dan nikotin.

Baca Lainnya : Anak dari Orangtua Perokok Berpeluang Stunting

Joseph McClernon mengatakan jika minuman susu dan produk makanan berbahan susu bisa membuat seseorang Anda enggan merokok.

"Pendapat yang umum menyatakan jika kecanduan rokok itu akibat nikotin. Tapi, kami menemukan bahwa kecanduan rokok juga terkait masalah efek sensorik seperi rasa dan aroma, serta pengalaman dan rutinitas seseorang. Efek rasa amat bermain dalam hal ini," kata Joseph, psikolog di Duke University.

Selain itu, seseorang harus menjauhi minuman kopi atau alkohol yang justru menimbulkan rasa nikmat saat mengisap rokok. Ya, kopi dan alkohol bisa menimbulkan efek nikmat dan perasaan nyaman jika dibarengi dengan merokok.

Baca Lainnya : Waspada, 5 Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Seksual Pria

Dalam riset yang dilakukannya, Joseph menanyai 209 perokok tentang pengalaman merokok dan mendaftar makanan serta minuman sehari-hari yang dikonsumsinya. Ternyata, hampir 50 persen perokok yang rutin mengonsumsi susu, makanan berbahan susu, sayuran, dan buah-buahan menyatakan rokok yang mereka hisap terasa tidak enak.

Untuk itu, Joseph menyarankan siapa saja yang ingin berhenti merokok untuk minum susu. Serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran agar terhindar dari paparan radikal bebas akibat sering merokok. [DF]

Editor : Trubus.id

Berita Terkait

03 April 2020
03 April 2020
03 April 2020

Berita Lainnya