trubus.id
Jangan Malas, Ini 5 Cara Cepat  Bangun Kebiasaan Olahraga Teratur

Jangan Malas, Ini 5 Cara Cepat Bangun Kebiasaan Olahraga Teratur

Ayu Setyowati - Sabtu, 14 Jul 2018 13:15 WIB

Trubus.id -- Ingin memulai gaya hidup sehat demi berat badan ideal dengan rutin berolahraga? Yes, it’s not easy. 

Shannon Clark, pelatih fitness dari Kanada mengatakan, pergi ke gym atau sekadar berlari di taman bisa jadi menakutkan bagi beberapa orang. Apalagi jika orang tersebut tak punya pemahaman sama sekali soal olahraga.

"Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga, memulainya pun harus tepat. Tak sedikit pemula yang memulainya dengan salah, dan menjadi kebiasaan yang justru merugikan dirinya," ungkap Clark, dikutip dari Bodybuilding.

Lalu, bagaimana caranya memulai olahraga yang baik dan benar? Simak penjelasan Clark berikut ini.

1. Paksakan diri rutin 

Pergi ke gym untuk pertama kalinya mungkin akan jadi pengalaman luar biasa bagimu. Namun tak ada manfaatnya jika kamu hanya pergi ke gym satu kali saja. Clark menyarankan agar kamu bisa memaksa diri pergi ke gym atau berolahraga apapun dengan teratur 3 sampai 4 kali seminggu. Setelah melakukannya selama 3 minggu, olahraga sudah jadi bagian dari keseharian sehingga tak lagi sulit dilakukan.

2. Angkat beban sesuai kemampuan 

Ingin punya otot besar? Latihan angkat beban memang salah satu yang bisa kamu lakukan. Namun hati-hati, mengangkat beban terlalu berat di fase awal latihan justru berdampak buruk pada perkembangan otot. Bukan hanya otot tak berkembang dengan baik, mengangkat beban terlalu berat juga berisiko membuat kamu cedera.

3. Mulai dari gerakan dasar

Gerakan rumit yang dilakukan orang-orang di tempat fitness mungkin membuat kamu tergoda untuk melakukannya juga. Namun ingat, membangun kebiasaan sehat tak bisa asal-asalan, dan harus dimulai dari dasar. Ingin punya tubuh besar dan berotot, latihannya tetap harus dimulai dari basic atau dasar. Squat, bench press, deadlift, pull-up dan lunge merupakan gerakan dasar yang harus sudah dikuasai sebelum melakukan gerakan lain yang lebih kompleks.

4. Perbaiki postur

Memperbaiki postur saat berolahraga punya dampak besar. Mungkin saja kamu dan kawan sama-sama lari atau mengangkat beban. Namun jika postur tubuhmu salah, hasilnya tidak akan sama seperti kawan tersebut. Ikuti arahan dari pelatih terkait postur saat berolahraga. Lama-lama postur tubuh yang baik juga akan kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

5. Jangan malas diet

Ingin manfaat olahraga maksimal? Jangan malas diet. Apa yang kamu makan sangat berpengaruh terhadap tujuan olahraga. Kata diet mungkin terdengar mengerikan, tapi Clark mengatakan perubahan kecil seperti mengurangi konsumsi gula dan pemanis buatan serta membatasi porsi makan bisa sangat membantu di awal. 

Semangat! 
 
 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020