trubus.id
Hindari Perut Buncit, Dengan 4 Menu Sarapan Ini 

Hindari Perut Buncit, Dengan 4 Menu Sarapan Ini 

Ayu Setyowati - Sabtu, 14 Jul 2018 14:15 WIB

Trubus.id -- Diet bukan berarti tak sarapan lho. Faktanya, tidak sarapan justru membuat kamu cepat gemuk karena makan lebih banyak di waktu makan selanjutnya. Enggak percaya? 

"Ada banyak bukti observasi tentang konsumsi sarapan. Kita tahu bahwa orang-orang yang rutin sarapan justru cenderung lebih kurus dari orang lain," kata ahli fisiologi manusia Dr Javier Gonzalez dari University of Bath seperti dikutip dari ABC Australia.

Biar tepat, konsumsinya juga harus yang sehat dan bisa bikin perut kamu jadi tak buncit lagi. Dirangkum dari berbagai sumber, ini dia rekomendasinya.

1. Telur

Banyak yang bilang telur tak baik buat diet dan malah bikin gendut. Padahal dengan mengonsumsi telur bisa membantu kamu mendapatkan bentuk badan yang bagus dengan perut yang rata. Bagaimana caranya?

Baca Lainnya : Rutin Makan Telur Turunkan Risiko Stroke dan Sakit Jantung, Loh

Well, peneliti dari Louisiana State University menemukan orang yang obesitas dan makan dua butir telur saat sarapan sedikitnya lima kali dalam seminggu akan mengalami penurunan berat badan 65 persen lebih banyak dari wanita yang sarapan dengan roti bagel, seperti dikutip dari Active.

2. Flax seed

Penuh dengan lemak tak jenuh tunggal (MUFA), flax seed atau biji rami adalah pilihan diet yang baik demi perut rata. MUFA yang ditemukan dalam biji rami akan membantu menurunkan lemak tubuh dan menurunkan kadar kolesterol.

Biji rami tidak hanya menjadi keharusan bagi siapa pun yang ingin mendapatkan perut rata, tetapi mereka juga ideal bagi siapa saja yang punya pengalaman buruk dengan perut kembung. Dengan kadar serat yang tinggi, benih akan menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan membantu mengurangi perasaan kembung.

3. Buah-buahan

Selain bikin tampilan kamu jadi lebih oke, buah-buahan juga bisa memanjakan lidah, bukan? Double benefit! Tapi buah apa saja, ya?

Salah satu yang dianjurkan adalah buah beri. Penelitian telah menemukan bahwa makan buah berwarna merah atau biru (misalnya ceri, blueberry, blackberry dan anggur merah) dapat membantumu menghilangkan lemak perut yang tidak diinginkan.

Baca Lainnya : Buah-buahan, Baik Dikonsumsi Sebelum atau Sesudah Makan? 

Di samping itu, makanan kaya potasium dapat membantu menetralkan retensi air dari kelebihan natrium. Potasium memiliki efek diuretik ringan yang dapat mengurangi dan meringankan kembung. Kentang, wortel, pisang, dan aprikot adalah sumber makanan tambahan yang kaya potasium.

4. Bayam 

Dikutip dari detikHealth, satu cangkir (340 gram) bayam hanya mengandung sekitar 40 kalori, sementara secangkir brokoli memiliki 55 kalori dan memenuhi 20 persen kebutuhan serat harian. Sayuran hijau juga merupakan sumber kalsium yang baik, bahan penting untuk kontraksi otot. Dengan kata lain, mereka membantu hasil dari olahragamu. Asyik!

Serat yang ada di bayam juga bisa melancarkan pencernaan. Perut dijamin tak bakal  kelihatan kembung. Oh ya, belum lagi kandungan karotenoid yang disebut dapat menjadi pencegah kanker. Pantas Popeye sehat terus, ya. [RN]
 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020