trubus.id
Dua Badak Cula Satu Dijadikan Simbol Diplomasi Antara Nepal dan China

Dua Badak Cula Satu Dijadikan Simbol Diplomasi Antara Nepal dan China

Binsar Marulitua - Sabtu, 14 Jul 2018 07:00 WIB

Trubus.id -- Pemerintah Nepal memberi China sepasang badak bercula satu yang terancam punah. Langkah ini diambil sebagai upaya diplomatiknya dengan negara tetangga sekaligus investor utamanya itu.

Badak jantan dan betina muda yang diberi nama Rudra dan Rupsi itu dibawa masuk ke sebuah pesawat carter menuju Guangzhou bersama tim pakar Nepal.

“Badak itu dimuat ke dalam kandang di pesawat dan sekarang sedang dalam perjalanan. Hewannya baik-baik saja,” ujar Man Bahadur Khadka, kepala departemen konservasi flora dan fauna Nepal, Kamis (12/7) waktu setempat.

Badak-badak itu diperkirakan akan dibebaskan ke taman safari di Guangzhou. K.P. Sharma Oli menjanjikan badak itu kepada Tiongkok pada 2016, selama masa jabatannya sebelumnya sebagai perdana menteri Nepal.

Hadiah itu diberikan tidak lama setelah kunjungan Oli ke Tiongkok bulan lalu, ketika, dia menandatangani kesepakatan dengan Beijing seperti jalur kereta api yang menghubungkan Tibet dengan Kathmandu.

“Saya berharap perubahan ini akan membantu memperkuat kemitraan antara negara kami dalam beberapa hari mendatang,” ujar Oli dalam sebuah upacara pada Kamis yang dihadiri oleh duta besar Tiongkok untuk Nepal, Yu Hong. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020