trubus.id
Ini Dia Program Keren Kementan Atasi Krisis Petani Muda

Ini Dia Program Keren Kementan Atasi Krisis Petani Muda

Astri Sofyanti - Jumat, 13 Jul 2018 12:00 WIB

Trubus.id -- Jumlah petani muda yang kian sedikit mendapat perhatian khusus dari Kementerian Pertanian RI (Kementan), untuk mengatasi hal tersebut, Kementan terus berupaya melakukan regenerasi petani melalui program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

Rencana tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Andriko Noto Susanto yang mengatakan, langkah ini diambil untuk memunculkan minat, keterampilan dan jiwa kewirausahaan generasi muda di sektor pertanian yang mulai ditinggalkan.

"Regenerasi petani dikerjakan dengan fokus agar program aksi ini betul-betul melahirkan petani muda sekaligus wirausahawan milenial kompeten," ucapnya di Lembang, Bandung, baru-baru ini.

Baca Lainnya : Mentan Serahkan 500 Ton Bibit Kepada Petani yang Gagal Panen di Sulawesi Selatan

Program tersebut nantinya akan memberikan bimbingan, pendampingan, serta praktik langusng di lapangan kepada mahasiswa sekolah tinggi pertanian, wiswa SMK Pertanian, alumni perguruan tinggi pertanian, serta generasi muda yang tertarik mendalami bidang pertanian.

Selain memberikan pendampingan, pemerintah memberikan modal. Modal usaha diberikan sebesar Rp12 juta sampai Rp35 juta per kelompok.

Selain itu, sebanyak 10 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) juga telah disiapkan Kementan. Di perguruan tinggi ini, calon petani akan mendapat banyak teori dan lebih banyak praktik.

Baca Lainnya : Sinergi 2 BUMN Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Jember

Polbangtan merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) yang suda ada. Tapi di Polbangtan akan tersedia lebih banyak program studi dan jenjang pendidikan hingga pascasarjana.

Lebih lanjut Andriko menjelaskan, di tempat tersebut para mahasiswa atau calon petani ditempa agar siap mental menjadi petani sukses. Tinggal di asrama, mereka akan digodok memiliki jiwa korsa dan bertanggung jawab sehingga diharapkan akan menjadi lulusan yang mampu menjadi petani sukses.

Baca Lainnya : Bantu Petani, Disperindag Sulut Siap Fasilitiasi Pemanfaatan SRG

Sebagaimana diketahui, semakin banyaknya petani sukses maka akan turut mengubah pola pikir masyarakat tentang profesi petani. Perusahaan perkebunan, ia melanjutkan, berminat menggunakan lulusan dari Polbangtan.

"Ini akan kita jajaki kalau memang bisa untuk pembangunan infrastruktur sarana pelatihan  bidang pertanian," tutupnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020