trubus.id
Jalan Beton Jadi Bukti Penyerapan Dana Desa di Kotabangun

Jalan Beton Jadi Bukti Penyerapan Dana Desa di Kotabangun

Ihsan Maulana - Kamis, 12 Jul 2018 10:30 WIB

Trubus.id -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kalimantan Timur, baru-baru ini melakukan peninjauan penyerapan dana desa, di sejumlah desa di Kecamatan Kotabangun, Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini untuk memastikan segala sesuatunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Kami tentu bersyukur karena penyaluran dana desa tahap I dan II lancar, bahkan sudah dilanjutkan dengan penyerapan," ungkap Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Riani Tisnadewi di Kotabangun, baru-baru ini.

Ia menyebutkan, bukti penyerapan anggaran ini adalah sudah direalisasikannya pembangunan fisik berupa semenisasi jalan, dan pemberdayaan untuk pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat setempat.

Baca Lainnya : Mangkir Bikin Laporan, Satu Desa di Aceh Tidak Dapat Dana Desa

Terlebih, pelaksanaannya menggunakan skema program padat karya tunai, dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaksana kegiatan, sehingga uang dari APBN itu berputar di tiap desa.

Sementara itu, salah satu desa yang ditinjau tim dari DPMPD Kaltim ialah semenisasi jalan di Desa Sumber Sari.

Kepala Desa Sumber Sari, Agus Sopian mengatakan, pelaksanaan semenisasi yang dilakukan dari Dana Desa (DD) tahap I dan tahap II 2018, berupa pembangunan jalan desa.

Baca Lainnya : Menteri Desa PDTT Inginkan Dana Desa di Gianyar Fokus Bangun Bank Sampah

"Panjang jalan yang dibangun mencapai 80 meter, lebar 5 meter, dan ketebalan 0,15 meter. Semenisasi ini bertujuan untuk membuka akses jalan masyarakat karena sebagai jalan meruakan jalan poros kampung," paparnya di lokasi.

Agus menjelaskan, jika jalan ini selesai dibangun, maka tinggal menyisakan jalan sepanjang 82 meter yang harus disemenisasi lagi untuk menghubungkan seluruh poros jalan tengah desa hingga ke kantor desa.

"Namun untuk menghubungkan seluruh akses jalan desa masih lumayan panjang, karena total panjang jalan desa di Sumber Sari mencapai 16 kilometer, sementara yang sudah dilakukan semenisasi baru sekitar 3 kilometer saja," tandasnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020