trubus.id
Life » Kurangi Sampah, Yuk Daur Ulang Kemasan Kosmetik Ko...
Kurangi Sampah, Yuk Daur Ulang Kemasan Kosmetik Kosongmu

Kurangi Sampah, Yuk Daur Ulang Kemasan Kosmetik Kosongmu

Ayu Setyowati - Rabu, 11 Jul 2018 17:30 WIB

Trubus.id -- Peduli lingkungan tak hanya bisa dilakukan dengan mengurangi pemakaian sedotan plastik atau mengganti kantong plastik dengan tas belanja reusable. Sebagai perempuan, Trubus Mania juga bisa berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan cara sederhana, yaitu cermat dalam membeli produk kecantikan alias kosmetik sekaligus memilih kemasan yang sudah kosong agar bisa didaur ulang.

Program recycling product sendiri bukanlah hal baru yang diterapkan dalam dunia kecantikan. Namun sayang, di Indonesia masih terbatas pada merek tertentu yang memiliki program tersebut. Padahal, dampaknya bisa sangat besar dalam mengurangi jumlah sampah.

Pernahkah Trubus Mania merasa bersalah saat berulang kali membeli compact powder yang tidak memiliki kemasan isi ulang? Atau rutin membeli body mist dan losion yang kebanyakan terbuat dari plastik dan kaca yang sulit terurai?

Baca Lainnya : Tak Hanya Mengandung Bahan Alami, Kosmetik Ini Menggunakan Teknologi Terbaru

Kami yakin, Trubus Mania termasuk konsumen cerdas yang mulai memilih kosmetik bukan hanya dari isi produknya saja, tapi juga kemasannya. Tidak heran jika saat ini semakin banyak produk kecantikan yang mengklaim 100 persen alami lantaran menggunakan kemasan biodegradable atau memproduksi kemasan yang terbuat dari recycled material. Selain itu, program recycling product pun semakin sering diterapkan.

Mengutip Female Daily, menurut survei yang dilakukan Kari Gran pada tahun 2017 lalu, sebanyak 75 persen perempuan millennial (usia 18 hingga 34 tahun), sadar akan pentingnya produk kecantikan eco-friendly. Maka dari itu, selain menjadi strategi penjualan, program recycle product sangat berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan konsumen tentang komitmen mereka menjaga lingkungan.

Merek ternama seperti M.A.C, Origins, LUSH, dan Innisfree sudah bertahun-tahun menerapkan program recycling product, di mana konsumen dapat menukarkan botol dan kemasan kosong dengan sampel atau full size product secara gratis. Bahkan di Origins dapat menukarkan kemasan dari merek apapun, loh. How exciting!

Baca Lainnya : Waspada Sebelum Belanja, Kosmetik Palsu Beredar di Pasaran

Di Indonesia, yang menerapkan program ini baru The Body Shop dan Kiehl’s. Padahal, industri kecantikan berkembang pesat. Banyak produk kecantikan lokal yang bermunculan setiap tahunnya. Sayangnya, perkembangan ini tidak dibarengi dengan inovasi untuk menjaga lingkungan.

Nah, karena tak bisa terus mengandalkan brand kesayangan untuk mendaur ulang sampah kosmetik, apalagi dengan kecenderungan perempuan memakai lebih dari satu merek kosmetik, ada baiknya untuk mulai mendaur ulang sendiri kemasan kosmetik yang sudah tidak terpakai. Well, at least memilih mana yang bisa didaur ulang dan mana yang tidak.

Berikut bagaimana cara untuk mendaur ulang kemasan kosmetik yang sudah kosong.

1. Kemasan Produk

Hampir sebagian kemasan produk kecantikan terbuat dari bahan karton. Bahan ini sangat mudah untuk terurai dengan tanah tanpa perlu memakan waktu yang lama. Jika kamu gemar berkebun, karton bisa dijadikan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman, loh.

Baca Lainnya : Benarkah Skincare Berbahan Alami Sudah Pasti Aman? 

2. Kemasan Kosmetik

Rata-rata, kemasan kosmetik seperti lipstik, bedak atau blush on terbuat dari plastik. Kita ketahui, plastik merupakan bahan yang sulit untuk terurai. Oleh sebab itu, pisahkan sampah plastik dalam tempat terpisah dengan sampah karton. Jangan lupa untuk mengecek kembali apakah merek kosmetik yang kamu beli memiliki program recycle? Jika ya, kamu bisa kembai membawa kemasan kosong tersebut ke toko terdekat.

3. Botol Beling

Ada banyak produk kecantikan yang dikemas dalam botol beling, parfum misalnya. Beling dapat dengan mudah diubah kembali menjadi benda bermanfaat seperti vas bunga kecil, tempat bumbu masak, atau sebagai pajangan pemanis ruangan. Be creative!

4. Kaleng

Kemasan produk kecantikan kaleng dry shampoo, shaving cream, deodorant spray atau bahkan pomade juga membutuhkan waktu lama untuk terurai. Kamu bisa menyatukan sampah plastik dan kaleng secara bersamaan untuk dilebur. [DF]


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020