trubus.id
Idul Adha Nanti, RPH Jogja Siapkan Layanan Gratis

Idul Adha Nanti, RPH Jogja Siapkan Layanan Gratis

Ihsan Maulana - Rabu, 11 Jul 2018 16:00 WIB

Trubus.id -- Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta akan mengintensifkan layanan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Giwangan. Hal ini juga serupa dengan layanan yang diberikan tahun lalu.

"Bila ada masyarakat yang membutuhkan layanan penyembelihan hewan kurban karena tidak memiliki lahan yang cukup untuk menyembelih hewan kurban bisa mengakses layanan melalui Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Rabu (11/7).

Diketahui pada tahun lalu, RPH Giwangan Yogyakarta juga memberikan layanan penyembelihan hewan kurban gratis, dengan membebaskan tarif retribusi penyembelihan hewan hingga layanan cuma-cuma pengantaran daging ke panitia kurban.

Baca Lainnya : Kenapa Susu Unta Lebih Sehat Dibanding Susu Sapi?

Insentif pembebasan tarif retribusi ini berlaku untuk semua jenis hewan kurban, mulai dari sapi maupun kambing, dan tahun lalu pihaknya mampu menyembelih sebanyak 40 ekor sapi per hari.

"Namun kapasitas di RPH Giwangan juga terbatas, sehingga kami pun harus menyesuaikan kapasitas tempat dan tenaga penyembelih agar masyarakat dapat terlayani dengan baik," tambahnya.

Baca Lainnya : Yuk Bikin Sendiri, Dendeng Rasa Sapi dari Nangka Muda

Untuk itu, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta akan mulai melakukan pemetaan potensi jumlah hewan kurban, yang sekiranya akan disembelih berikut lokasi penyembelihan.

Selain menyiagakan RPH Giwangan untuk melayani penyembelihan hewan kurban, Sugeng menegaskan petugas Dinas Pertanian dan Pangan dan pihak terkait lainnya juga akan melalukan pemantauan terhadap kesehatan hewan kurban di titik-titik penjualan yang biasanya muncul. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020