trubus.id
KEK Mandalika Siap Jadi Destinasi Wisata Unggulan Kelas Dunia

KEK Mandalika Siap Jadi Destinasi Wisata Unggulan Kelas Dunia

Astri Sofyanti - Rabu, 11 Jul 2018 13:00 WIB

Trubus.id -- Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), siap menjadi destinasi wisata unggulan berkelas dunia. Hal ini karena KEK Mandalika letaknya strategis yakni hanya berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Lombok dan terbentang dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan menjadikan kawasan wisata amat potensial dan bisa mendatangkan banyak wisatawan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hadi Sucahyono mengatakan, jika pihaknya akan mengajak semua pihak, yakni unit organisasi (unor) di lingkungan Kementerian PUPR dan juga kementerian/lembaga lain untuk terus meningkatkan keterpaduan.

Baca Lainnya : ITDC Sediakan Zona UMKM 2,5 Hektare di Kuta Mandalika

Dikatakan Hadi, saat ini BPIW sedang menyiapkan Integrated Tourism Masterplan (ITMP) untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika.

“Kawasan tersebut mendapat dukungan dari Bank Dunia. Selain Mandalika, Bank Dunia juga memberi bantuan untuk pengembangan KSPN Borobudur (Jawa Tengah) dan Danau Toba (Sumatera Utara),” ucapnya di Jakarta, Rabu (11/7).

Lebih lanjut Hadi mencontohkan, bentuk keterpaduan itu ketika Kementerian Perhubungan membangun dermaga kapal, maka Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah membangun pusat kerajinan dan atraksi budaya serta penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pariwisata yang unggul.

Baca Lainnya : Ganggu Keindahan dan Kebersihan, Wisatawan di KEK Mandalika Mengeluh tentang Anjing Liar

Sedangkan Kementerian PUPR menurut Hadi membangun infrastruktur pendukung termasuk hunian untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang bermukim di sekitar lokasi KEK dan permukiman nelayan.

“Program lain yang disiapkan seperti jalan akses, drainase, pembangunan Tempat Pembuangan (TPA) Sampah, dan air bersih utk masyarakat,” paparnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020