trubus.id
Asam Pedas Ikan Baung, Nikmatnya Menyantap Kuliner Khas Pekanbaru

Asam Pedas Ikan Baung, Nikmatnya Menyantap Kuliner Khas Pekanbaru

Karmin Winarta - Rabu, 11 Jul 2018 06:00 WIB

Trubus.id -- Berkunjung ke sebuah daerah akan terasa kurang kalau tak mencicipi kuliner khasnya, begitu pula ketika berkunjung ke Kota Pekanbaru, Riau. Di sini ada banyak kuliner yang layak dicoba, baik yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh ataupun langsung disantap di tempat.

Salah satunya adalah asam pedas ikan baung. Akan terasa kurang kalau tak mencicipnya kalau kamu sudah berkunjung ke Kota Bertuah ini. Kuliner ini cukup mudah ditemukan, apalagi banyak rumah makan yang khusus menyediakan asam pedas jenis ini di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru.

Kuliner ini sangat populer dan menambah nafsu makan. Apalagi kalau dihidangkan dengan lalapan seperti rebus pucuk ubi kayu ataupun ditambah dengan sambal terasi. Hmm, sudah pasti keringat akan bercucuran mengiringi suap demi suap nasi.

Asam pedas memang lebih dikenal berasal dari Sumatera Barat. Bedanya, asam pedas di Pekanbaru biasanya ditambah dengan kunyit, sehingga warnanya lebih segar dan enak dipandang mata.

Baca Lainnya: Bole Berendam dan Kue Asidah, Kue Para Raja Indragiri di Riau

Menurut Kepala Bidang Humas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Riau, Heru, masyarakat di Pekanbaru biasanya mengolah asam pedas ini menggunakan berbagai macam bumbu.

"Mulai dari lengkuas, jahe, kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan garam. Untuk membangkitkan citarasa asam, dimasukkan asam kandis atau air asam jawa pada kuahnya," sebut Heru kepada wartawan, Selasa (10/7/2018).

Tak lupa, sebut Heru, ikan baung sebagai bahan utama. Ikan dimasukkan bersamaan dengan semua bumbu tadi dan matang setelah direbus selama beberapa menit.

Tanda asam pedas sudah masak adalah air yang dimasukkan bersama bumbu akan berwarna orange dan ikannya sudah mulai lembut.

"Sajian ini tentunya menggugah selera yang hendak mencicipinya," kata Heru.

Di Provinsi Riau, asam pedas selalu menjadi menu andalan untuk menjamu tamu yang datang. Mulai dari masyarakat biasa, wisatawan nusantara, wisatawan mancanegara, artis Ibu Kota dan pejabat negara. 

Baca Lainnya: 5 Makanan Khas Denmark yang Harus Kalian Coba

"Jika ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, jangan sampai tidak mencicipi asam pedas ikan baung," katanya.

Rumah makan yang menyajikan asam pedas selalu ramai pengunjungnya. Adapun beberapa rumah makan yang menyajikan menu ini, yaitu pondok asam pedas baung dan rumah makan khas Melayu.

Asam pedas juga telah menjadi menu andalan Riau yang mendapat pengaruh kuat Melayu. Makanan ini biasa disajikan di berbagai acara adat setempat. Seperti saat rangkaian upacara pernikahan, lebaran dan lainnya. Selain itu menu asam pedas juga sering ditemukaan saat cara-acara seremonial pemerintahan.

Harga sajian satu porsi asam pedas berkisar mulai dari 100 ribu hingga 350 ribu rupiah. Kelangkaan ikan baung saat ini menjadi alasan untuk harga tersebut. Pasalnya untuk menjaga cita rasanya, ikan baung yang diolah bukan berasal dari kerambah, melainkan ikan baung yang hidup liar di sungai besar di Riau.  [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020