trubus.id
Waspada,  Gelombang 2,5 Meter Ancam Nelayan Bitung Sulut

Waspada, Gelombang 2,5 Meter Ancam Nelayan Bitung Sulut

Ihsan Maulana - Selasa, 10 Jul 2018 14:30 WIB

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bitung, mengimbau para nelayan di wilayah setempat, untuk mewaspadai potensi gelombang setinggi 2,5 meter di sejumlah perairan Sulawesi Utara.

"Kami imbau nelayan dan pengguna transportasi laut mewaspadai gelombang setinggi 1,25-2,5 meter," ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror, di Manado, Selasa (10/7).

Baca Lainnya : Waspada, Ombak di Selat Karimata Hari Ini Bisa Capai Empat 4 Meter

Ia merinci, potensi tinggi gelombang seperti bisa terjadi di Laut Sulawesi bagian timur, kemudian sebelah timur perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, selatan Sulut, timur Bitung serta Laut Maluku.

Mengingat sangat rawannya kondisi perairan untuk akvitas nelayan dan penyeberangan, maka masyarakat diminta untuk terus memantau ketinggian gelombang.

Baca Lainnya : Paus Kepala Melon Korban Tombak Nelayan, Berhasil Dikembalikan ke Lautan

"Sekarang lebih baik menunda dulu menangkap ikan dalam kondisi gelombang tinggi karena sangat membahayakan keselamatan," imbuhnya.

Demikian juga dengan kapal motor penyeberangan, yang melayani rute perlayaran di pulau terdekat. Meski demikian ia menilai masih aman berlayar asalkan tetap memperhatikan hal-hal terkait keselamatan transportasi.

"Jangan membawa penumpang atau barang melebihi kapasitas, karena bisa berbahaya," tegasnya. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020