trubus.id
Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Rusia Kalau Tak Mau Dianggap Tak Sopan

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Rusia Kalau Tak Mau Dianggap Tak Sopan

Ayu Setyowati - Senin, 09 Jul 2018 19:00 WIB

Trubus.id -- Lain lubuk, lain ikannya. Adat istiadat atau kebiasaan di satu daerah tentu saja berbeda dengan yang lain. Peribahasa itu berlaku juga buat Trubus Mania yang berniat jalan-jalan ke Rusia.

Ada beberapa kebiasaan yang mungkin wajar dilakukan di sini, tapi jangan sampai dilakukan di Rusia karena akan dianggap tidak sopan. Dihimpun dari beberapa sumber, inilah 5 kebiasaan itu.

1. Makan tidak sampai habis

Di Indonesia, wajar kalau seseorang kita makan tidak sampai habis dan masih ada sisanya. Tapi di Rusia, sebisa mungkin jangan lakukan kebiasaan ini karena bisa dianggap penghinaan kepada si juru masak.

Baca Lainnya : Promosi di Bus, Kemenpar Targetkan 26 Persen Wisatawan Asal Rusia ke Indonesia

Di beberapa restoran, traveler akan ditanya kenapa tidak menghabiskan makanan? Apa rasa makanannya tidak enak? Pasalnya, orang-orang Rusia masih ingat betul bagaimana rasanya kelaparan dan sulit makan saat terjadi kelangkaan pangan di mana-mana. Jadi sebaiknya makanlah sampai habis kalau di Rusia.

2. Tidak melepas sepatu di dalam rumah

Mungkin di antara kita ada juga yang punya kebiasaan tidak melepas sepatu saat berada di dalam rumah. Tapi, kalau Trubus Mania melakukannya di Rusia, siap-siap dipelototin oleh si pemilik rumah, ya. Biasanya, mereka akan memakai sandal rumahan bernama tapochki.

3. Hangout pakai baju olahraga

Bagi kita, sepertinya biasa saja pakai baju dan celana olahraga untuk jalan-jalan di mal atau hangout bareng teman. Tapi di Rusia, siap-siap saja jadi 'pusat perhatian' kalau salah kostum.

Di Rusia, setiap orang berpakaian sesuai acara, waktu, dan tempat. Pakaian olahraga cuma dipakai ketika mau olahraga saja. Begitu pula dengan celana pendek dan sandal jepit, setelan ini hanya akan dipakai kalau di pantai saja. Hmm, tertib, ya.

Baca Lainnya : Jangan Takut Datang ke Rusia, Negaranya Aman dan Indah

4. Makan mengecap

Kebiasaan buruk yang dianggap tidak sopan di Rusia. Makan sambil mengecap sampai keluar bunyi-bunyi dari mulut adalah suatu hal yang tidak ingin kamu lakukan di Rusia, kalau tidak ingin dilihat orang-orang. Makanlah dengan tenang dan tidak terburu-buru. Setelah selesai, ucapkanlah 'Spasibo' sebagai bentuk terima kasih.

5. Berbasa-basi

Di Indonesia, berbasa-basi adalah hal yang lumrah ketika bertemu seseorang. Paling tidak, kita akan bertanya apa kabar. Tapi di Rusia, pertanyaan semacam itu kebanyakan akan dianggap sebagai basa-basi saja. Lawan bicara kita mungkin tahu bahwa kita tak benar-benar ingin tahu kabarnya.

Di Rusia, perilaku semacam itu dianggap sebagai bentuk ketidaktulusan. Kalau kamu memang tak ingin mengetahui kabar mereka, kenapa harus repot-repot bertanya? Diam adalah opsi terbaik.

Jadi, kalau ada seorang Rusia bertanya, "Apa kabar?" sebaiknya siapkan jawaban lebih dari sekadar kata 'baik', karena mereka lebih suka dengan keterbukaan. [DF]


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020