trubus.id
Pedagang Ikan Bilih di Sumbar Raih Omset Jutaan Rupiah per Hari

Pedagang Ikan Bilih di Sumbar Raih Omset Jutaan Rupiah per Hari

Ihsan Maulana - Minggu, 08 Jul 2018 19:06 WIB

Sejumlah pedagang Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis) yang berjualan di sepanjang pinggiran Danau Singkarak, terutama di daerah Ombilin Kecamatan Rambatan, Tanah Datar, Sumatera Barat bisa meraih omset mencapai jutaan rupiah perhari.

Salah satu pedagang ikan bilih goreng di tepian Danau Singkarak, Sinta Junita Anwar menyebutkan, peningkatan omset ini biasanya terjadi pada saat musim liburan.

"Kalau musim liburan, omset perhari bisa mencapai Rp10 juta rupiah, kalau hari-hari biasa hanya berkisar antara Rp1 hingga Rp2 juta," ungkapnya, Minggu (8/7).

Sinta menambahkan, untuk satu kilogram ikan bilih goreng dipatok seharga Rp300.000, sementara untuk yang basah seharga Rp120.000.

Harga ini juga diakuinya melonjak tinggi dibandingkan dengan dua tahun lalu yang hanya seharga Rp150.000 per kilogram. Makin sulitnya mendapatkan ikan karena hasil tangkapan nelayan yang sedikit juga menjadi salah satu alasan.

"Sekali pun dijual, harganya cukup tinggi, tetapi ada saja pengunjung yang datang untuk membeli," lanjutnya.

Selain dibeli langsung oleh pengunjung di tempat, ia juga secara rutin mengirimkan produk ikan bilih ke luar daerah, seperti Jambi, Jakarta dan Bali.

"Untuk ikan yang dikirim setiap pengiriman minimal seberat 30 kilogram dan maksimal 50 kilogram," tandasnya.[KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020