trubus.id
Teri Bajak, Endesnya Kudapan Khas dari Kota Medan

Teri Bajak, Endesnya Kudapan Khas dari Kota Medan

Karmin Winarta - Minggu, 08 Jul 2018 17:00 WIB

Trubus.id -- Berkunjung ke Kota Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, tidak ada salahnya untuk mampir ke Teri Bajak. Outlet yang berada di Merdeka Walk Medan ini menawarkan kudapan teri sambal khas Kota Medan sebagai produk andalan.

Owner Teri Medan, Windi Septia Dewi mengatakan, Teri Bajak menghadirkan beragam kudapan dengan bahan dasar Teri Medan. Ada dua varian, selain dalam bentuk olahan, juga ada yang mentah.

"Produk yang dipasarkan mulai Rp 35 ribu perkemasan, dan memakai bahan baku ikan teri nasi dan ikan teri belah, ada delapan rasa," kata Windi, Minggu (8/7/2017).

Dijelaskan Windi, masing-masing varian ada yang menggunakan sambel cabe rawit dan merah, kemudian diberikan inovasi seperti kacang, dan ada juga yang tidak dicampur kacang atau hanya teri saja.

Baca Lainnya: Ragam Makanan Khas Indonesia Sedapkan Rasa Lebaran di Denmark

"Teri Bajak memang benar-benar menawarkan kudapn khas Sumatera Utara, yaitu Teri Medan tersebut," jelasnya.
Selain tidak menggunakan bahan pengawet dalam proses produksi, Teri Bajak Medan bisa bertahan selama satu bulan. Teri Bajak Medan ini juga menggunakan bawang batak sebagai bumbu campurannya.

Windi menyebut, khasnya Teri Bajak Medan ini mengunakan bumbu khas Medan sendiri, dan sama sekali tidak menggunakan pengawet. Karena Windi pengin seperti apa makanan rumah, seperti itulah produk Teri Bajak Medan.

Baca Lainnya: 5 Makanan Khas Indonesia yang Bukan Asli Indonesia

"Hanya saja ini lebih praktis dan sudah dikemas. Jadi lebih bagus, dan bawanya juga tidak malu," sebutnya.

Saat ini Windi mengaku telah memasarkan produknya hingga ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Untuk diluar kota, Windi telah memiliki beberapa pelanggan seperti dari Jakarta, Surabaya, Jogyakarta, dan Papua. 

"Sedangkan untuk pemasaran keluar negeri, selama ini bisa memasarkan hingga ke Paris dan Mekah, serta beberapa negara lain," ungkapnya.

Seorang pembeli, Eko mengaku, Teri Bajak Medan yang dibelinya untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarganya yang datang dari kampung halaman, yaitu dari Padang, Sumatera Barat. Selain itu, Teri Bajak Medan juga akan dinikmatinya sebagai lauk.

"Sudah sering saya beli. Kali ini untuk oleh-oleh, ada juga sebagian untuk dinikmati sendiri. Rasanya enak, dan khas Medan," ungkap warga Medan Tembung tersebut. (KW)

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020