trubus.id
Tenaga Pendamping Desa Harus  Melek  Medsos, Ini Alasannya

Tenaga Pendamping Desa Harus Melek Medsos, Ini Alasannya

Ihsan Maulana - Minggu, 08 Jul 2018 12:15 WIB

Trubus.id -- Trubus.id -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menegaskan, setiap  tenaga pendamping desa sekarang harus sudah "melek" teknologi terutama platform media sosial (medsos).

"Jadi setiap tenaga pendamping desa pada era Revolusi Industri 4.0 harus "melek" medsos ya, agar potensi yang ada di desa itu bisa viral dan dikenal masyarakat di seluruh dunia," paparnya di Gianyar, Bali baru-baru ini.

Tercatat, sampai saat ini jumlah tenaga pendamping desa yang ada di Kabupaten Gianyar sebanyak 32 pendamping desa, dan jumlah penduduk sejumlah 492.000 jiwa.

Eko menekankan, setiap pendamping desa harus mampu memobilisasi masyarakat di kabupaten ini, supaya potensi yang ada di daerah terseut menjadi dikenal masyarakat luas.

"Misalnya, kalau di Gianyar ada kafe baru dengan ciri khas kopinya, bisa diviralkan agar semakin dikenal masyarakat." imbuhnya.

Ia bahkan tak sungkan untuk meminta pendamping desa agar bisa "mencolek" dirinya di medsos, sehingga akan diunggah ulang oleh dirinya agar semakin dikenal masyarakat.

Eko menilai, sektor pariwisata menjadi salah satu sarana promosi yang murah dan efektif saat ini. Terlebih jika menjadi viral, sehingga masyarakat dunia bisa mengetahui segala sesuatu yang terjadi di kabupaten tersebut.

Baca Lainnya : Menteri Desa PDTT Inginkan Dana Desa di Gianyar Fokus Bangun Bank Sampah

"Jika pendamping desanya aktif, maka tidak ada kegiatan yang tidak diketahui dunia." imbuhnya.

Di sisi lain, Eko juga mengimbau pemerintah daerah Gianyar untuk mengatasi berbagai persoalan yang masih terjadi seperti "stunting" atau kerdil, kemiskinan serta masalah sampah plastik.

"Tiga persoalan ini kalau tidak ditangani dengan baik akan menjadi penghambat. Untuk menjadi negara maju diperlukan kualitas sumber daya manusia yang mampu dalam mengelola alam," tandasnya.

Editor : Trubus.id

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020